Polisi Beraksi Sikat Geng Motor di Denpasar

    


Ilustrasi/Poskota

KORANJURI.COM – Keberadaan gerombolan anak-anak muda yang kerap merampas barang pengguna jalan di Denpasar semakin mengkhawatirkan. Kawanan itu juga ditengarai sebagai geng motor.

Terkait hal itu Kepolisian di Bali memberikan perhatian serius dengan menangkap 15 orang yang diduga sering memalak di jalanan.

“Kita sudah melakukan penangkapan, terutama oleh Polsek Denpasar Barat,” jelas Kapolresta Denpasar, Kombes Pol. Hadi Purnomo, Rabu, 2 November 2016.

Yang memprihatinkan lagi, menurut Hadi Purnomo, anggota geng tersebut banyak yang dibawah umur. Sehingga ketika terjaring razia maupun terbukti melakukan tindakan kriminal, pihaknya tidak bisa menerapkan pasal pidana orang dewasa.

“Banyak dari mereka usianya masih dibawah 16 tahun,” jelas Hadi Purnomo.

Ia menghimbau kepada orang tua yang memiliki anak remaja agar diawasi. Terutama ketika ditengarai terlibat dalam pergaulan bebas di luar rumah. “Kalau di sekolah guru yang mengawasi. Kalau di rumah orang tua,” ujarnya.

Untuk menciptakan suasana aman, kepolisian akan menggelar operasi gabungan bersama TNI, pecalang maupun Linmas.

Polisi hingga kini masih mencari tahu motif dari serangkaian aksi kriminal yang dilakukan para remaja dibawah umur itu.

“Anak muda biasa begitu, apalagi ada mainan baru seperti narkoba atau Miras. Lingkungan juga cukup berpengaruh membuat mereka bertindak brutal,” kata Kapolresta Denpasar.
 
 
Yan