Polda Jateng Gelar Pelatihan Safety Riding

    


AKP Himawan Aji Angga bersama Iptu Abdul Mufid saat memberikan pengarahan di hadapan para peserta praktek safety riding, Selasa (5/12) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk mengurangi resiko Lakalantas anggota, Polda Jateng mengadakan kegiatan Safety Riding, yang diikuti 100 anggota polisi dan ASN, dari 3 Polres, yakni, Magelang, Purworejo, dan Kebumen. Kegiatan berlangsung di Pendopo Kabupaten Purworejo, Selasa, (05/12).

Dalam hal ini, Ditlantas dan Ditpropam Polda Jateng menguji kemampuan dan ketrampilan anggotanya dalam berkendaraan, baik roda maupun roda empat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kompol Eko Bowo selaku ketua team safety riding Polda Jateng, Kasat Lantas Polres Magelang, Kasatlantas Polres Purworejo, dan Kasatlantas Polres Kebumen, serta beberapa pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Kompol Eko Bowo mengatakan, bahwa muara dari kegiatan safety riding tersebut, dari perintah lisan Kapolda Jateng dan menjadi atensi pimpinan, karena banyak kasus laka yang melibatkan anggota.

“Dari kasus pelanggaran disiplin di jajaran Polda Jateng, diantaranya narkoba, penyalahgunaan senpi dan laka lantas, akhirnya timbul perintah pelatihan safety riding ini,” jelas Eko

Nantinya, kata Eko, setelah dilakukan pelatihan akan dilakukan uji petik oleh Kapolda Jateng dan agar disampaikan kepada Kasubag Sarpras dan Kapolsek agar kendaraan roda 2 dan 4 jangan sampai tidak layak pakai.

Untuk pemaparan materi tentang safety riding, disampaikan Iptu Abdul Mufid dari team safety riding Polda Jateng, dan Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Himawan Aji Angga.

Dalam kesempatan tersebut, Himawan menjelaskan, selama tahun 2017 terjadi 83 kejadian laka lantas yang melibatkan anggota Polri di jajaran Polda Jateng, 10 diantaranya meninggal dunia.

“Pemberian materi, tentang safety riding. Bagaimana mengendarai kendaraan roda 2 dan 4 secara aman,” jelas Himawan.

Usai pemberian materi, kata Himawan, dilanjutkan dengan praktek. Dalam praktek, materi yang diberikan antara lain, tekhnik pengereman, menghindar, dan bermanufer. (Jon)