Polantas Minta Sekarung Bawang, Kapolda Metro Jaya Bereaksi

    


Foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Setelah kasusnya viral di media sosial seorang Polantas inisial Aipda PDH yang meminta satu karung bawang saat menilang sopir truk di Tangerang, Polda Metro Jaya akhirnya melakukan evaluasi.

Perbuatan memalukan Aipda PDH ini membuat Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengumpulkan seluruh jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya untuk memberikan pengarahan khusus.

“Kurang lebih ada 205 perwira dikumpulkan. Kemudian ada beberapa arahan dari (Kapolda Metro Jaya agar terhindar dari perbuatan yang selama ini kerap dilakukan oleh oknum tercela,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (4/11/2021).

Sambodo menambahkan, dalam arahan tersebut pihaknya diminta untuk mengedepankan sosok Polantas yang dapat menjadi penolong dan pelindung masyarakat.

“Selain itu dari segi penegakan hukum kami akan mengganti dari yang awalnya manual akan diganti dengan sistem seperti basis tilang ETLE,” kata Sambodo.

Dengan tilang elektronik, potensi interaksi antara petugas dengan masyarakat dapat dikurangi.

“Kami juga diperintahkan untuk mengidentifikasi lokasi-lokasi mana yang sering banyak pungli dan sering digunakan oknum polantas,” ujarnya. (Bob)