Pohon Langka di Depan Kolese De Brito

    


Penanaman pohon Bodhi yang merupakan pohon langka - foto: Lanjar Artama/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pohon langka berusia sekitar 50 tahun bertengger di depan SMA Kolese De Brito, Yogyakarta. Pohon yang bernama Bodhi tersebut ditanam sebagai media belajar dan penghijauan.

Pohon tersebut sumbangan dari Almameter SMA Kolese De Brito, Handoyo Wibowo. Penanaman tersebut untuk memberi contoh generasi muda agar selalu menjaga lingkungan dan mencintai tumbuh-tumbuhan.

Handoyo punya misi menghijaukan menghijaukan halaman SMA Kolese De Brito adanya pohon yang memberikan pencerahan Sidarta Gautama ini dapat menjadi media pembelajaran bagi siswa De Brito.

“Pohon Bodhi ini berumur sekitar 50 tahun yang saya beli dari Kediri Jawa Timur seharga Rp 12,5 juta sebagai salah satu bentuk sumbangsih saya kepada SMA De Brito. Selain pohon ini nantinya saya akan mengganti tulisan Kolese De Brito yang mulai karatan ini dengan stanlies yang tidak mudah karatan agar tampil lebih cantik” tutur alumni 1970 ini.

Dirinya menambahkan penanaman pohon langka ini, pohon Bodhi ini, merupakan pohon yang keenam kalinya, dua di lapangan Gunadarma Borobudur dan satu di Krematorium serta satu lagi di SMA Kolese De Brito.

Wakil Kepala Sekolah Bidang sarana dan Prasarana SMA Kolese De Brito, Sanusi SH Murti pun berharap adanya penanaman pohon langka ini agak mengugah kepedulian anak-anak atau siswa terhadap lingkungan. Di samping itu mereka juga dapat belajar botani sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan terkait tumbuhan.

“Kami menyambut baik uluran tangan alumni, dalam hal ini Koh Hwat yang telah memberikan sumbangan tanaman langka untuk menambahkan koleksi tanaman yang ada di Kolese De Brito. Sehingga ke depan Kolese De Brito yang memang peduli lingkungan atau penghijauan akan semakin teduh” tutupnya.
 
 
anjar