Pj. Gubernur: Bali Jagadhita 2024 Buka Peluang UMKM Naik Kelas

oleh
Pj. Gubernur Bali SM. Mahendra Jaya membuka Bali Jagadhita V di The Meru, Sanur, Senin, 10 Juni 2024 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya resmi membuka Bali Jagadhita 2024 yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia Provinsi Bali.

Pembukaan event untuk mewadahi pelaku UMKM itu berlangsung di The Meru Hotel, Sanur, Senin, 10 Juni 2024.

“Kami berharap melalui Event Bali Jagadhita 2024 ini UMKM Bali dapat memperluas pasar dalam maupun luar negeri, tentunya agar UMKM Bali dapat naik kelas,” kata Mahendra Jaya.

Menurutnya, pada triwulan I tahun 2024, perekonomian Bali mengalami pertumbuhan l sebesar 5,98 persen (yoy) atau lebih tinggi dari triwulan sebelumnya sebesar 5,86 persen.

Menguatnya perekonomian Bali, kata Mahendra Jaya, tak lepas dari bangkitnya industri pariwisata Bali. Peningkatan itu sejalan dengan kunjungan wisatawan yang berangsur mulai tumbuh.

“Pariwisata telah menjadi industri global dan sangat kompetitif. Karenanya, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Bali, perlu meningkatkan layanan, termasuk layanan,” kata Mahendra Jaya.

Pengembangan pariwisata dan ekonomi di Bali membutuhkan dukungan investasi yang besar dan kuat dari berbagai sektor. Investasi yang ada, kata Mahendra Jaya, tetap harus menjaga kelestarian alam yang berkelanjutan.

“Kita tidak ingin generasi yang akan datang mengetahui keindahan dan keunikan budaya Bali hanya dari video dan gambar-gambar,” jelasnya.

Menurutnya, peluang investasi dengan sustainable development adalah Pusat Kebudayaan Bali Bali Urban Rail dan Turyapada Tower di Desa Pegayaman, Buleleng.

Sementara, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono menambahkan, Bali sebelumnya hanya mengandalkan pariwisata. Saat ini Bali tengah gencar menambah sektor pertumbuhan ekonomi seperti UMKM, pertanian dan perikanan.

“Bali Jagadhita kelima ini kita fokuskan pada perdagangan, pariwisata dan investasi, sehingga perekonomian Bali lebih merata,” kata Doni.

Pembukaan Bali Jagadhita V diikuti dengan penandatanganan kerjasama Desa Wisata antara ASITA dengan Desa Taro, Penglipuran dan Pemuteran. (Way)

KORANJURI.com di Google News