PIN 2016, 48.590 Balita Di Purworejo Siap Divaksin Polio

    


dr Kuswantoro, M Kes, Kepala DKK Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo siap melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN), dari tanggal 8-12 Maret 2016. Untuk melaksanakan program PIN yang diluncurkan secara nasional itu, DKK telah menyiapkan diri.

Menurut Kepala DKK Purworejo, dr Kuswantoro, pada jumpa pers dengan wartawan, Senin (7/3), dalam melaksanakan PIN kali ini, DKK Purworejo telah menyiapkan 459 tenaga kesehatan, 3105 kader kesehatan, serta 215 pos PIN.

“Ada 48.590 balita di Purworejo yang akan divaksin polio pada PIN kali ini,” jelas Kuswantoro.

Sebagai sasaran PIN, kata Kuswantoro, para balita usia 0 sampai 59 bulan. Balita akan divaksin polio dengan cara ditetes sebanyak dua kali. Semua balita, meski sudah diberi imunisasi lengkap, tetap akan divaksin polio.

Tujuan dari PIN ini, jelas Kuswantoro, untuk menurunkan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, khususnya menurunkan kesakitan dan kematian akibat penyakit polio.

“Vaksin polio pada PIN 2016 ini pada proses pembuatannya tidak bersinggungan dengan bahan babi. Jadi dijamin halal dan didukung MUI, sesuai fatwa MUI no 4 tahun 2016 tentang imunisasi, yang ditetapkan tanggal 23 Januari 2016,” tandas Kuswantoro.
 
 
Jon)