Petugas Rutan Purworejo Ditest Urine

    


Pelaksanaan test urine di Rutan Purworejo, Jum'at (11/10), oleh petugas dari Satnarkoba Polres Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Jum’at (11/10) pagi, aktivitas Rutan Purworejo mendadak berubah, dan terlihat lain dari biasanya. Tiba-tiba saja, Rutan Purworejo kedatangan dua belas petugas dari Satuan Narkoba Polres Purworejo.

Tanpa pemberitahuan sebelumnya, kedatangan dari petugas Satnarkoba tersebut, untuk mengetes urine bagi seluruh pegawai Rutan Purworejo, tanpa terkecuali. Kejadian inipun, sempat membuat petugas rutan kaget, karena dikira, test urine tersebut untuk para warga binaan.

Dengan pengawasan petugas kepolisian, satu-persatu petugas Rutan Purworejo buang air kecil ke dalam alat tes urine yang sudah disediakan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya pemberantasan Narkoba di dalam Rutan, sesuai dengan Surat Edaran Dirjend Pemasyarakatan Nomor : PAS-126.PK.02.10.01 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Langkah – Langkah Progresif dan Serius Upaya Pemberantasan Narkoba di Lapas dan Rutan,” ujar Karutan Purworejo, Lukman Agung Widodo, di sela-sela pelaksanaan test urine.

Kali ini, petugas dari Polres Purworejo dibantu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dan Puskesmas Mranti.
Dalam test urine yang dilaksanakan di halaman dalam Rutan Purworejo, selain petugas Rutan, 5 orang Warga Binaan Pemasyarakatan dengan kasus Narkoba menjalani test urine.

Menurut Lukman Agung Widodo, tes urine tersebut dilakukan sebagai bentuk langkah serius dalam pemberantasan Narkoba di dalam Lapas dan Rutan, sehingga seluruh petugas wajib di test urine tanpa terkecuali.

“Alhamduillah, hasilnya 100% petugas Rutan Purworejo bersih dari Narkoba. Saya ingin hasil ini terus dipertahankan, artinya jangan sampai ada petugas pemasyarakatan, khususnya Rutan Purworejo terindikasi memakai narkoba,” ujar Lukman puas. (Jon)