Petugas Puskesmas Ambil Beras, Pasien Terlantar

    


Ilustrasi/pixabay.com

KORANJURI.COM – Pasien bernama Migel Ledoh (42), warga Dusun Oeledo, Desa Oeledo Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao ini, terlantar di Puskesmas. Sebab, ketika dirinya hendak berobat di Puskesmas tersebut, tak ada satupun petugas kesehatan ditemui disana. Puskesmas Sonimanu menjadi satu-satunya pusat kesehatan masyarakat yang ada layanan rawat inap.

“Sebelumnya kami datangi bidan untuk minta diinfus di rumah saja. Tapi bidan tidak setuju karena sesuai dengan standar pelayanan, pasien harus dirujuk ke puskesmas baru dilakukan perawatan,” kata Daniel Ledo, salah satu kerabat Migel Ledoh.

Sebagai keluarga pasien, dirinya merasa sangat kecewa tidak ada petugas di puskesmas tersebut.
“Kami merasa ditelantarkan, karena petugas kesehatan tidak berada ditempat. Mau memaksa ke RSU Ba’a harus ada rujukan dari Puskesmas karena kami pasien BPJS,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Sonimanu, Burhanudin Yusuf mengakui menerima pasien bernama Migel Ledoh dan sudah dilakukan pelayanan medis.

“Tadi malam sekitar pukul 10.00 Wita, ada pasien di Oeledo yang meminta untuk diinfus di bidan. Tapi sesuai dengan protap kami, itu tidak bisa dilakukan. Tapi sayangnya, setelah tiba di Puskesmas petugas piket lagi pergi ambil beras, sehingga setelah kembali ke Puskesmas, pasien juga sudah pulang rumah,” kata Burhan melalui telepon.
 
 
zak

Hits: 0