Petitenget Festival Padukan Kesenian Budaya dan Seni Moderen

    


I Made Badra - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Petitenget Festival yang berlangsung pada tanggal 14-16 September 2018 akan menggabungkan pertunjukan seni modern dan tradisional. Festival ini menjadi bagian program Festival Budaya Bahari yang digelar di wilayah Badung Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Made Badra menjelaskan, Petitenget akan menyuguhkan atraksi seni yang berbeda mengingat akan ada pertunjukan seni moderen dan life style.

“Di Badung ini nantinya setiap bulan akan ada festival-festival untuk memberikan sajian pertunjukkan kepada tamu yang berkunjung ke wilayah Badung,” jelas Made Badra, Selasa, 11 September 2018.

Di Kabupaten Badung sendiri, disebutkan Made Badra, ada 3 festival besar yang rutin digelar setiap tahun. Di Badung Utara ada Festival Budaya Pertanian, di Badung Tengah Festival Seni dan budaya dan di Badung Selatan ada Festival Budaya Bahari.

Festival itu, menurut Kadis Pariwisata Badung, menjadi event yang akan mendukung kepariwisataan sebagai sumber peningkatan PAD di Kabupaten terkaya kedua di Indonesia itu.

“Sejumlah festival yang diadakan juga untuk meningkatkan length of stay wisatawan yang ada di Kabupaten Badung. Setidaknya ada peningkatan menjadi 5-6 hari. Rata-rata wisatawan tinggal selama 4,5 hari,” tambah Made Badra.

Selama tahun 2018, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Badung mencapai lebih dari 4 juta orang terhitung sampai Agustus. Kabupaten Badung menyumbang 80 persen kunjungan wisatawan ke Bali. (Way)