Petinggi Parpol Dunia Pelajari Subak Bali

    


Peserta Progressive Alliance Seminar (PAS) di Bali diperkenalkan sistem Subak di Peguyangan, Denpasar - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Delegasi dari 25 negara peserta Progressive Alliance Seminar melakukan kunjungan ke Subak Sembung, Kalurahan Peguyangan, Denpasar Utara, Selasa, 20 September 2016. Kedatangan para petinggi parpol ini diterima oleh tokoh Puri Peguyangan Anak Agung Ngurah Widiada.

Pemilihan subak atau sistem pengairan sawah untuk dikunjungi karena terkait dengan kesejahteraan petani. Hal itu sesuai penegasan ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri pada sambutan pembukaan Progressive Alliance Seminar yang bertajuk ‘Living Together in a New World, Building Solidarity and Social Justice’.

Megawati menegaskan, kerjasama antar parpol di dunia akan memberikan keuntungan untuk Indonesia. PDIP menyatakan tidak akan usai memperjuangan rakyat.

“Kita tidak punya hak untuk merusak kebutuhan rakyat. Saya percaya jika kita mampu memecahkan satu masalah maka kita akan dapat memecahkan masalah lain,” kata Megawati Soekarnoputri.

Penjelasan tentang subak di Bali dilakukan oleh Prof. Dr. I Wayan Windia yang merupakan Ketua Pusat Penelitian Subak Universitas Udayana. Selama hampir dua jam pimpinan parpol di Asia dan Eropa ini meninjau areal Subak Sembung dan berakhir pada pukul 16.50 wita.

Kegiatan itu diantaranya dihadiri oleh Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka dan I Wayan Koster, Wakil Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jayanegara dan masyarakat yang mengatasnamakan Banteng Peguyangan.

Seminar internasional parpol yang berlangsung di Bali ini diinisiasi oleh PDIP bersama Jaringan Sosial Demokrasi di Asia dengan materi pembahasan, peran parpol dalam menyelesaikan persoalan sosial.
 
 
Way