Petakan Potensi, Karyawan dan Pejabat PDAM Purworejo Ikuti Tes Assessment

    


Direktur PDAM Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, ST - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Guna peningkatkan SDM, dalam rangka pembinaan internal PDAM Tirta Perwitasari Purworejo melakukan tes assessment
pada semua karyawannya.

Dalam tes ini, PDAM bekerjasama dengan lembaga konsultan Griya Assessment Center dari Sukoharjo. Menurut Dirut PDAM, Hermawan Wahyu Utomo, ST, tes assessment ini berlangsung dalam 2 tahap.

“Fungsi tes assessment ini, untuk pemetaan potensi atau kemampuan,” jelas Hermawan, Senin (8/8).

Pada tes tahap pertama yang berlangsung bulan Maret lalu, diikuti seluruh karyawan PDAM yang berjumlah 98 orang. Dalam tes ini berhasil lolos 17 orang.

Tes tahap kedua, jelas Hermawan, berlangsung bulan Mei lalu, diikuti para pejabat struktural PDAM  dibawah direktur, seperti kabag, kasubag, kacab, hingga kaur, dengan jumlah peserta 16 orang. Dalam tes kedua ini, peserta yang lolos tahap pertama juga diikutsertakan.

“Dalam tes assessment ini, ada yang namanya tes psikotes, yang di dalamnya mencakup banyak hal, seperti IQ, loyalitas, kepatuhan kerja, keseriusan kerja, dan minat kerja,” ujar Hermawan lebih jauh.

Pada kesimpulannya, tes assessment ini, kata Hermawan, hasilnya beragam dengan banyak kriteria, seperti sangat potensial, potensial, dipertimbangkan, kurang potensial, dan tidak potensial.

“Dengan hasil tes ini, bisa menjadi dasar pertimbangan kedepan dalam penempatan karyawan, juga untuk pengembangan struktur SDM, yang sifatnya variabel atau tidak mutlak,” pungkas Hermawan.
 
 
Jon

Hits: 1