Perusahaan PMA Tsubasa International Gandeng ITB STIKOM Bali kirim Mahasiswa ke Jepang

oleh
Penandatanganan kerjasama pengiriman mahasiswa ke Jepang menggunakan visa kerja atau Tokutei Ginou antara ITB STIKOM Bali bersama PT Tsubasa International Academy/ist

KORANJURI.COM – Kiprah ITB STIKOM Bali mengirim mahasiswanya bekerja di luar negeri menarik perhatian sebuah perusahaan PMA Jepang di Bali yakni, PT Tsubasa Internasional Academy.

Bertempat di Kantor LPK DARMA Denpasar, Kamis, 6 Juni 2024, Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan dan Presiden Direktur PT Tsubasa International Academy Yoshiyuki Kyomoto menandatangani kerjasama pengiriman mahasiswa ke Jepang menggunakan visa kerja atau Tokutei Ginou.

Yoshiyuki Kyoto menerangkan, untuk visa kerja ini perusahaannya konsen pada tiga bidang yakni building cleaning, food processing dan hospitality.

“Tapi di seluruh Jepang saat ini kebutuhan tenaga kerja building cleaning sangat banyak, itulah menjadi prioritas kami,” kata Yoshiyuki Kyomoto.

Dr. Dadang Hermawan mengatakan kerjasama dengan Tsubasa sebagai salah satu solusi membantu mahasiswa yang berlatarbelakang ekonomi kurang mampu.

“Mereka hanya bayar Rp 6 juta, dapat kuliah satu semester di Bali sambil kursus Bahasa Jepang. Kalau sudah lulus bahasa Jepang dan ketrampilan kerja, kami kirim ke Jepang. Kontraknya 5 tahun. Penghasilan yang besar selama di Jepang bisa membayar kuliahnya dan membantu keluarganya,” kata Dadang Hermawan

Dadang menambahkan, melalui program ini, dalam waktu 5 tahun, seorang mahasiswa ITB STIKOM Bali yang pulang dari Jepang akan membawa empat manfaat. Pertama ijazah sarjana, kedua modal dalam bentuk uang yang banyak, ketiga pengalaman kerja internasional, dan keempat kemampuan berbahasa Jepang yang luar biasa.

KORANJURI.com di Google News