Pertemuan Tingkat Menteri 3 Negara Bahas Ekonomi Pasca Covid-19

    


Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengembangan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Nusa Dua, Bali, Kamis, 26 November 2020 - foto: Totok Waluyo/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) IMT-GT (Indonesia–Malaysia–Thailand Growth Triangle) Ke-26 digelar secara virtual.

Pertemuan dipimpin oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dari Nusa Dua Bali, Kamis, 26 November 2020. Dari negara Malaysia hadir Menteri Dato’ Sri Mustapa Mohamed dan Menteri Arkhom Termpittayapaisith dari Thailand.

Pertemuan membahas hal terkait collective action tentang Covid-19 di Kawasan IMT-GT. Topik lain yang dibahas yakni, terkait arahan tentang percepatan proyek infrastruktur (physical project connectivity) yang bernilai USD 51 billion.

“Proyek trans Sumatera yang masuk dalam Economic Corridor (3) IMT-GT termasuk yang dibahas,” kata Agus Suparmanto.

Menurutnya, outcome pertemuan yang segera direalisasikan adalah, IMT-GT e-commerce platform to strengthen digital trading, framework of cooperation (FOC) cross borer trade and investment di 3 negara.

Termasuk, travel bubble secara bertahap untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata pasca Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, selaku ketua pertemuan para Gubernur atau Chief Ministers & Governors (IMT-GT) Forum tahun 2020, melaporkan tentang perkembangan berbagai proyek infrastruktur IMT-GT di daerah segitiga pertumbuhan IMT-GT, pemberdayaan pengusaha lokal yang tergabung dalam joint business council, dan pengembangan human capital melalui peningkatan peran Perguruan Tinggi.

Sebagai informasi, ada 27 universitas yang tergabung di dalam IMT-GT University Network (UNINET). Hampir semua Perguruan Tinggi Publik di Sumatera adalah anggota dari IMT-GT UNINET. (Jon)