Persiapan Tuan Rumah PON XXI, Bali dan NTB Capai Poin 85 Persen

    


Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Boy Jayawibawa - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebagai calon tuan rumah PON XXI tahun 2024 mendatang, Bali sudah sangat siap dengan segala sarana prasarana yang dibutuhkan. Banyak event internasional yang berhasil diadakan dengan sukses di provinsi Bali.

“Nanti saat Bidding di Jakarta (24 April 2018) akan dipaparkan kesiapan kita (Bali) menjadi tuan rumah PON enam tahun mendatang. Kita siap bahkan setahun kedepan pun bisa kita siapkan,” jelas Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Boy Jayawibawa di Denpasar, Kamis, 19 April 2018.

Untuk PON XXI mendatang, Provinsi Bali berkolaborasi dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi calon tuan rumah. NTB, disebutkan Boy, juga sudah mempersiapkan venue-venue seperti, arena pacuan kuda yang selama ini menjadi olahraga tradisi.

Terlebih lagi, geografis Bali yang berada di tengah-tengah kepulauan di Indonesia cukup menguntungkan dari jarak tempuh perjalanan para kontingen yang akan bertanding. Selain itu, pulau wisata ini juga punya daya tarik tersendiri. Selain berolahraga, para atlit yang nantinya singgah di pulau Bali juga berkesempatan melakukan kunjungan wisata.

Persiapan menghadapi Bidding juga telah dilakukan Bali dan NTB. Boy menjelaskan, pihaknya bersama KONI Provinsi Bali sudah bertandang ke NTB untuk pematangan materi.

“Kita sudah ke NTB dan bertemu Kadispora, Kadisparda, Karo Humas dan KONI NTB yang intinya mereka siap menjadi tuan rumah,” ujar Boy.

Sebelumnya, hasil verifikasi dari tim di Jakarta, kesiapan Bali mencapai nilai 85 persen. Itu artinya, kata Boy, Bali dan NTB layak menjadi tuan rumah PON XXI dibandingkan calon tuan rumah lainnya yakni, Aceh dan Sumatera Utara maupun provinsi Kalimantan Selatan.(Way)