Perpanjangan SIM Tak Perlu Pulang Kampung, Polres Purworejo Rilis Layanan Online

    


Para peserta tengah mengikutj ujian praktek SIM di Satlantas Polres Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Para pemohon SIM ber-KTP luar daerah kini bisa bernafas lega. Pasalnya, Satlantas Polres Purworejo sudah bisa melayani permohonan/ pembuatan SIM dengan sistim online.

Itu artinya, para pemohon luar daerah tak perlu pulang kampung jika ingin memperpanjang maupun membuat SIM baru. Jadi cukup di Satlantas Polres Purworejo.

Demikian dikatakan Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Johan Valentino Nanuru, SIK. Namun khusus sim online ini, hanya untuk pembuatan baru dan perpanjangan sim A dan C saja.

“Asal punya KTP elektronik, semua bisa membuat sim di Purworejo, begitu pula sebaliknya,” ujar Johan, Selasa (27/12).

Meski begitu, kata Johan, tata cara dan prosedur permohonan sim online ini, sama seperti permohonan biasanya, yakni, pemohon harus bisa lulus ujian teori dan praktek. Setelah itu, baru SIM bisa dikeluarkan.

Dalam ujian teori, jelas Johan, semua soal dari Korlantas Mabes Polri. Test juga dilakukan secara online, dan dipantau langsung oleh Korlantas. Ada 30 soal yang harus dijawab peserta dalam waktu 15 menit.

“Dalam ujian teori ini standar kelulusannya 67. Ada 2000 soal yang disediakan, dan diberikan secara acak,” terang Kasatlantas Polres Purworejo (jon)