Peroleh Gelar Ningrat, Kader Perindo Siap Menjaga dan Melestarikan Budaya Jawa di Keraton Surakarta

oleh
GKR Ayu Koes Indriyah saat memberikan serat kekancingan kepada kader Perindo - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pakumpulan Kawula Keraton Surakarta ( Pakasa) Minggu pagi (26/11) memperingati ulang tahun yang ke 92 di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta.

Kader Perindo saat memperoleh kekancingan di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Solo - foto: Koranjuri.com
Kader Perindo saat memperoleh kekancingan di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Solo – foto: Koranjuri.com

Hadir pada acara tersebut, Pengageng Sasana Wilapa GKR. Wandansari, KPH. Edy Wirabhumi, keluarga Keraton Kasunanan, Sentana dan para abdi dalem dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain menggelar pentas pertunjukan seni budaya, Pangarsa Lembaga Dewan Adat (LDA) yang juga Pengageng Sasana Wilapa memberikan kekancingan nama kepada masyarakat yang dipandang peduli terhadap pelestarian budaya jawa di Keraton Surakarta.

Dari sekian banyak nama yang memperoleh kekancingan, terdapat beberapa orang kader Partai Perindo yang diusulkan oleh masyarakat karena konsen dan peduli terhadap upaya pelestarian budaya di Keraton Kasunanan Surakarta.

Mereka diantaranya Agung Nugroho, S.H,. M. H, caleg Partai Perindo yang maju di Dapil V Jawa Tengah. Ernie Setiawati, S.E, M.M, caleg DPRD Kota Surakarta Dapil 2 Laweyan dan beberapa kader Partai Perindo lainnya.

Dalam kesannya, Agung menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Keraton Surakarta, khususnya Lembaga Dewan Adat yang sudah memberikan gelar nama kekancingan.

Agung mengatakan, gelar yang diberikan tidak sekedar sebuah kehormatan yang menandai dirinya sebagai kawula Keraton Kasunanan Surakarta, akan tetapi ada tanggung jawab besar yang harus di emban dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya Jawa.

“Selain mengabdi, kami juga akan melestarikan budaya luhur yang ada di Keraton Surakarta,” jelas Ketua DPW Baja Perindo Jawa Tengah.

“Sebagai personal, mudah-mudahan saya dapat membantu Keraton semakin di kenal dan kebudayaan semakin lestari. Sebagai Baja Perindo mudah mudahan dapat membantu kegiatan di Keraton,” jelasnya.

Agung berharap, sinergi dan dukungan masyarakat kepada Keraton Surakarta dapat mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi keraton dan para kawulanya.

Sementara, Ernie Setiawati, S.E, M.M, juga mendapat kehormatan atas pemberian gelar nama kekancingan dari Keraton Surakarta.

Erni berharap, melalui sinergitas bersama antara Keraton dengan lembaga dan instansi lain. Sehingga budaya Jawa tetap akan lestari sepanjang masa.

GKR Ayu Koes Indriyah putra PB XII mengatakan, ulang tahun Pakasa ke-92 tidak hanya memberikan gelar pangkat yang baru. Namun juga ada penambahan pangkat pada mereka yang sudah pernah mendapatkan ganjaran pangkat.

Pemberian gelar tersebut, sebagai salah satu upaya agar keraton Surakarta semakin besar, baik di Jawa Tengah maupun di Indonesia dengan harapan lestari sepanjang masa. (JK)

KORANJURI.com di Google News