Pernah Dipecat, Menkes Terawan Kunjungi Kantor IDI

    


Menteri Kesehatan (Menkes), Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K), mengunjungi Kantor Pusat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (30/10/2019) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Menteri Kesehatan (Menkes), Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K), mengunjungi Kantor Pusat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (30/10/2019).

Kunjungan itu diterima langsung oleh Ketua Umum PB IDI, Daeng M Faqih. Menurut Terawan, pihaknya bersilaturahmi sekaligus meminta masukan terkait apa yang dibutuhkan tenaga medis.

“Sesuai sumpah dokter, kami bersaudara. Jadi apa yang kami bicarakan ya membicarakan keluarga, saya dengan beliau, selaku ketua IDI dan saya selaku pelayan, Menteri Kesehatan kan pelayan,” kata Terawan.

Sebagai Menkes yang notabene pejabat publik, kata Terawan, wajib mengakomodir dan mewadahi keinginan para dokter demi kepentingan ketahanan kesehatan nasional. Pertemuan dengan IDI menurutnya, akan terus dilakukan untuk membahas teknis yang lebih detail di bidang kesehatan.

“Tujuannya agar pemerintah bisa mengeluarkan regulasi-regulasi
sesuai keinginan dan cita-cita luhur para dokter,” ujarnya.

Sebelum menjabat Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto sempat mendapatkan sanksi dari Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK). Sanksi yang diterima Terawan berupa pemecatan sementara sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) selama 12 bulan. (Bob)