Perkutut Putih yang Langka di Pasaran

    

Kolektor Harus Rela Inden

Di masyarakat, ada yang mempercayai perkutut putih memiliki mitos sebagai tolak bala - foto: Sujono/Koranjuri.com

Di masyarakat, ada yang mempercayai perkutut putih memiliki mitos sebagai tolak bala – foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dilihat dari performanya, perkutut putih memang unik. Seluruh bulunya berwarna putih mulus. Matanya merah menyala bak merah delima. Banyak mitos terkait keberadaan perkutut putih ini.

Meski di pasaran mudah didapat, banyak, kalau belum paham betul, maka bisa-bisa keliru. Agar tak salah pilih, solusinya ya datang saja ke peternaknya langsung.

“Secara fisik nggak jauh beda dengan perkutut lokal biasa. Yang membedakan hanya warna bulu dan matanya saja. Seluruh tubuhnya berwarna putih mulus, matanya merah menyala. Kalau disorot lampu bisa tembus,” ujar Yasir (47), peternak perkutut putih dari Wirun, Kutoarjo, Purworejo.

Perkutut berbulu putih mulus, harganya bisa tinggi. Dari pengalaman Yasir, sebagian besar konsumennya memang para kolektor. Khusus kolektor ini, biasanya akan membutuhkan koleksi-koleksi langka. Ada alasan, kenapa perkutut putih jadi buruan kolektor.

“Mitosnya, perkutut putih bisa dijadikan sebagai sarana untuk tolak balak dan keselamatan. Suara bukanlah patokan. Yang penting putih mulus,” ungkap Yasir.

Yasir, seorang peternak perkutut putih dari Purworejo, Jawa Tengah - foto: Sujono/Koranjuri.com

Yasir, seorang peternak perkutut putih dari Purworejo, Jawa Tengah – foto: Sujono/Koranjuri.com

Lantas, berapa harga perkutut putih ini? Ternyata, sangatlah fantastis. Untuk anakan perkutut putih usia 2 bulan ke atas dengan harga Rp 2,5 jutaan perekor, baik jantan maupun betina.

Karena keberadaannya sangat jarang, maka peternak perkutut putih sangat dicari. Banyak para konsumen rela merogoh kocek lebih dulu, sebagai uang DP untuk perkutut putih yang mereka pesan. Untuk itu, konsumen juga harus rela mengantri.

“Saya jamin, perkutut putih saya ini asli. Asal usulnya juga bisa dilacak. Salah satu ciri khasnya, gerakan kepalanya selalu diikuti dengan gerakan tubuhnya. Gerakannya seperti ular cobra,” jelas Yasir, yang memiliki puluhan pasang indukan perkutut putih ini.
 
 
Jon