Peringati Jumenengan Ke-14 PB XIII, Keraton Solo Gelar Kirab Agung

    


Raja Keraton Surakarta, PB XIII Hangabehi saat menggelar Tingalan Dalem Jumenengan atau peringatan bertahtanya Raja Kraton Kasunanan Surakarta, Sabtu, 22 April 2017 - foto: Agus/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dalam rangka memperingati Tingalan Dalem Jumenengan ke-14 SISKS Pakoe Boewono XIII, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akan menggelar Kirab Agung, Sabtu Kliwon, 5 Mei 2018.

“Kirab di mulai sekitar pukul 13.00 WIB, dengan rute seperti pada kirab malam Satu Suro,” kata Humas media dan publikasi kirab agung, Danang Wahyu Nugroho, Sabtu, 28 April 2018.

Danang menambahkan, kirab akan diikuti oleh kerabat Keraton, Sentana Dalem, Abdi Dalem serta tamu undangan yang mengikuti perayaan Kirab Agung di Keraton Surakarta.

Kirab dimaknai sebagai bentuk Manunggaling Kawula Gusti atau bersatunya antara raja dengan para kawulanya, atau antara pemimpin dengan rakyatnya.

Diharapkan, eratnya rasa persatuan antara seorang pemimpin dengan rakyat, negara akan menjadi kuat, makmur, tenteram, Kerta Raharja.

”Selain kirab, Keraton Solo juga akan menggelar pementasan Wayang Kulit dengan 7 dalang, 28 pesinden yang dilaksanakan pada hari Minggu Legi, 6 Mei 2018 bertempat di Sasana Sumewa,” tambah Danang.

Pada Kirab Agung Jumenengan Dalem ke-14, PB XIII akan menaiki kereta Garuda Kencana, yang menjadi kendaraan raja-raja di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. (Jk)