Peringati HUT TNI Ke-73, Kodam IX/Udayana Tanam 1.000 Bibit Pohon

    


Menyambut Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-73, Kodam IX/Udayana menggelar Karya Bakti dengan melakukan penanaman 1.000 bibit pohon - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Menyambut Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-73, Kodam IX/Udayana menggelar Karya Bakti dengan melakukan penanaman 1.000 bibit pohon. Lokasi kegiatan di Pura Jati Banjar Toya Bungkah, Desa Batur, Kecamatan Kintamani Bangli, Jumat (28/9/2018).

Bibit pohon yang ditanam terdiri dari 100 pohon cempaka dan 900 pohon Ampupu. Selain itu juga digelar pengobatan gratis dan kegiatan kebersihan di lingkungan Pura Jati Banjar Toya Bungkah, Desa Batur Kecamatan Kintamani Bangli. Acara tambahan diisi dengan relly motor trail.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, menjelaskan dipilihnya Pura Jati sebagai pusat kegiatan Bakti TNI karena kondisi di desa itu tandus.

“Selain karena lokasinya tandus, penghijauan kembali ini dimaksudkan untuk melestarikan lingkungan agar hijau dan bersih,” jelas Pangdam Benny Susianto, Jumat, 28 September 2018.

Pangdam berharap masyarakat di sekitar wilayah Danau Batur, juga ikut melestarikan alam. Mengingat, Bangli menjadi salah satu Daerah Tujuan Wisata yang mendatangkan kunjungan turis baik domestik maupun mancanegara.

Kegiatan itu diikuti 1.100 personel yang terdiri dari 700 anggota dari unsur TNI tiga Matra dan Polri, 150 orang siswa, dan 250 orang masyarakat Desa Batur.

Kegiatan itu juga diisi dengan penyerahan bedah rumah secara simbolis kepada salah satu warga asal Desa Penaga Landih Pengotan Bangli. Bedah rumah itu merupakan kerjasama Kodam IX/Udayana dengan PT PLN Distribusi Bali.

Acara tambahan diisi dengan relly motor trail diikut oleh 30 personil dari TNI, 15 dari kepolisian dan 10 orang dari masyarakat dengan rute dari Toya Bungkah menuju Seket Larva Hitam Gunung Batur lalu balik lagi ke tempat upacara.

General Manager PLN Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni menjelaskan kesediaannya untuk memberikan bantuan apabila Kodam Udayana memintanya dalam waktu kedepan.

“Kami dengan senang hati melakukan kerjasama karena PLN bukan hanya bertanggung jawab untuk ketersediaan penerangan bagi Bali, tapi juga membantu masyarakat dalam kegiatan sosial seperti bedah rumah dan lainnya,” ujarnya.

Kegiatan Kodam IX/ Udayana diakhiri dengan offroad ke kaki bukit Gunung Batur bersama Pangdam Mayjen Benny Susianto. Pangdam Benny Susianto terlihat sangat piawai melakukan offroad dengan mengendarai mobil toyota landcruiser milik Club Kaung Bali dari Kintamani, Bangli. (*)