Peringati HLH Sedunia, 32 Ribu Pohon Ditanam Serentak di Indonesia

    


32.000 pohon ditanam secara serentak di seluruh Indonesia pada peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia 5 Juni 2018 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – 32.000 pohon ditanam secara serentak di seluruh Indonesia pada peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia 5 Juni 2018. Penanaman bibit pohon itu dilakukan oleh 32 unit kerja PLN di seluruh Indonesia.

Di Jakarta, lokasi penanaman tersebar di beberapa wilayah antara lain, Kampung Iklim, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, di Bantaran Sungai Ciliwung, Tebet, Jakarta Selatan dan RPTRA Bambu Kuning, Palmerah, Jakarta Barat. Setiap lokasi masing-masing ditanam sebanyak 1.000 pohon.

Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali mengatakan, program penanamam pohon ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab PLN terhadap penyelamatan lingkungan.

“Program penanaman pohon ini dilakukan secara berkala oleh seluruh unit di PLN,” jelas Ali, Selasa, 5 Juni 2018.

Ali berharap, warga di Kelurahan Kota Bambu dapat menjaga dan merawat pohon-pohon tersebut dan dapat memanfaatkan tanaman lainnya untuk ditanam.

“Saya harap, bantuan 1.000 pohon ini bisa hidup. Karena disamping memberikan pohon, kita juga memberikan bantuan biaya perawatan agar pohon ini bisa hidup,” kata Ali.

Program penanaman pohon yang merupakan program PLN Peduli (CSR PLN) ini sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan mencegah efek rumah kaca dan mengurangi global warming.

Program ini juga mengajak stakeholder PLN, masyarakat dan akademisi untuk ikut bersama menjaga lingkungan hidup.

Jenis tanaman yang diprioritaskan pada program ini adalah jenis tanaman produktif, tanaman khas lokal dan tanaman yang dapat mengurangi pencemaran.

Lokasi penanaman pohon ini fokus pada wilayah sekitar PLN dan lokasi masyarakat umum, seperti pesisir laut, sempadan sungai, lahan gundul, dan lainnya.

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 32.000 pohon sebesar Rp 4,64 Milyar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.

Total target penanaman pohon yang dilaksanakan unit PLN se-Indonesia pada 2018 adalah sebanyak 56.000 pohon dan akan terus bertambah setiap tahunnya. (*)