Peringati HBP, Rutan Purworejo Ziarah ke Makam Pahlawan

    


Seluruh jajaran Rutan Purworejo, saat ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Projo Handoko Loyo Purworejo, Kamis (18/4), dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke 55 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke 55, seluruh jajaran Rutan Kelas IIB Purworejo melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Projo Handoko Loyo Purworejo, Kamis (18/4).

Dipimpin oleh Karutan Purworejo, Lukman Agung Widodo, kegiatan ziarah dan tabur bunga dimulai pukul 07.30 WIB hingga 09.00 WIB, diikuti oleh seluruh petugas rutan dan sepuluh pasukan Merah Putih Narapidana.

“Momentum ini, mengambil hikmah dari perjuangan Saharjo, seorang pahlawan sekaligus tokoh penggagas berdirinya Pemasyarakatan,” ujar Lukman Agung Widodo, di sela-sela ziarah dan tabur bunga.

Lukman juga mengingatkan kembali mengenai Sistem Pemasyarakatan berasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang menjadi pedoman, dalam pembinaan bagi WBP (warga binaan pemasyarakatan).

Lukman juga berharap agar seluruh petugas Pemasyarakatan berperan aktif dalam pembinaan warga binaan pemasyarakatan, dan harus mampu untuk menjadi pengayom dan pelayan masyarakat.

“Ini salah satu cara untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, pemimpin dan para pendahulu kita,” pungkas Lukman. (Jon)