Peringati Hari Tani Nasional 2020, DPPKP Purworejo Tingkatkan SDM Petani

    


Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Wasit Diono, bersama para peserta Training of Farmer CSA ( CIimate Smart Agricultur/Petani Cerdas Iklim) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional 2020, yang diperingati setiap tanggal 24 September, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Purworejo, mengadakan serangkaian kegiatan untuk peningkatan SDM petani.

Dalam hal ini, Dinas Pertanian menyelenggarakan berbagai peningkatan SDM Petani, diantaranya dengan Training of Farmer CSA ( CIimate Smart Agricultur/Petani Cerdas Iklim).

Menurut Wasit Diono, Kepala DPPKP Kabupaten Purworejo, diharapkan, dengan Training of Farmer CSA tersebut, petani harus mampu melihat segala potensi dalam mengembangkan hortikultura, termasuk sosial (lingkungan masyarakat).

“Sehingga hasil panen ada daya serap sesuai kebutuhan masyarakat. Tentunya untuk menjaga kestabilan harga pasar,” ujar Wasit Diono, Kamis (24/09/2020).

Selain itu, kata Wasit Diono, untuk meningkatkan SDM petani, dari Dinas Pertanian juga menyelenggarakan PLEK ( Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan Petani).

Dalam hal ini, mengajari petani dalam mengatur rumah tangga kebutuhan/pengeluaran dan pendapatan rumah tangga petani. Hal ini untuk mengatur bagaimana mengelola keungan rumah tangga, sehingga para petani bisa menabung.

“Harapannya, agar petani merdeka, sejahtera dan makmur,” pungkas Wasit Diono. (Jon)