Peringatan Maulid Nabi di SMPN 20 Purworejo: Teladani Akhlak Rosululloh SAW sebagai Motivasi Belajar Siswa

    


Suasana Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMPN 20 Purworejo, Sabtu (30/10/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – ‘Meneladani Akhlak Rosululloh SAW sebagai Motivasi Belajar Siswa’, menjadi tema dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMPN 20 Purworejo, Sabtu (30/10/2021).

Kegiatan yang berlangsung di aula setempat itu, dilaksanakan dengan prokes ketat dan diikuti oleh perwakilan siswa dari kelas X, XI dan XII, para pengurus OSIS, serta guru dan karyawan.

Menghadirkan penceramah KH Muh Mahrus, S.Ag, M.Ag, alumni SMPN 20 Purworejo tahun 85, yang saat ini menjabat Kepala KUA Kecamatan Butuh, peringatan Maulid Nabi berjalan lancar. Para siswa tampak serius mengikuti tausiyah yang disampaikan penceramah, dan sesekali diisi dengan guyonan.

Menurut Kepala SMPN 20 Purworejo, Suswanto, S.Pd, M.MPd, tujuan dari kegiatan tersebut, untuk memberikan sedikit siraman rohani bagi anak-anak dengan momen Maulid Nabi, agar siswa menjadi berkarakter baik, yang bisa meneladani sifat Rosululloh SAW.

“Karena mereka masih pelajar, konteknya ya dalam pembelajaran, bukan dalam arti meninggalkan yang lain. Menyesuaikan karena mereka.
masih anak-anak,” kata Suswanto, yang didampingi Khairul Fatah, S.Ag selaku Ketua Panitia.

Kata Suswanto, hal itu sangat baik untuk dilaksanakan, biar anak-anak mencari sumber dan pencerahan dari luar pendidik (guru), agar mereka tidak bosan.

Ada yang unik dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMPN 20 Purworejo, karena siswa yang menjadi pembawa acara, menyampaikannya dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia.

Menurut Suswanto, pada setiap momen-momen tertentu yang digelar sekolah, siswa selalu dilibatkan untuk membawakan acara, dan menyampaikannya dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia.

“Ini memang penyampaian sedikit potensi bagi siswa. Membiasakan mereka untuk mengasah kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Karena bagi kami, kemampuan bahasa Inggris jadi life skill di masa mendatang,” ujar Suswanto.

Suswanto berharap, kemampuan siswanya dalam berbahasa Inggris ini, bisa menjadi ikon bagi SMPN 20 Purworejo.

Khairul Fatah menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga disiarkan secara live streaming, dan siswa yang berada di rumah wajib mengikutinya. Ada tugas dari sekolah bagi siswa, baik yang hadir maupun di rumah, untuk membuat resume apa yang disampaikan penceramah.

“Acara Maulid Nabi ini juga dimeriahkan dengan pementasan Hadrah siswa, dimana Hadrah merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 20 Purworejo,” pungkas Khairul Fatah. (Jon)