Peringatan 186 tahun Jumenengan RAA Cokronegoro I

    


Bupati Agus Bastian, saat memerankan Cokronegoro, dalam peringatan jumenengan RAA Cokronegoro I, di pendopo kabupaten Purworejo, Senin (27/2) sore - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo Agus Bastian memerankan tokoh RAA Cokronegoro I, dalam acara peringatan 186 tahun Jumenengan RAA Cokronegoro I sebagai Bupati Purworejo, yang digelar di pendopo kabupaten, Senin (27/2) sore.

Prosesi jumenengan terlihat sakral dan istimewa, mengingat, peran RAA Cokronegoro I diperankan langsung oleh Bupati Agus Bastian, yang masih ada garis keturunan dari RAA Cokronegoro.

Upacara Jumenengan diawali laporan manggala praja, dilanjutkan dengan kedatangan bupati, istri, wakil bupati dan suami menuju palenggahan utama yang ada di tengah arena.

Selanjutnya, dibacakan riwayat Cokronegoro I dalam bahasa Jawa oleh Gandi Budi Supriyanto, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo.

Diceritakan, RM Sowiryo adalah nama kecil Cokronegoro, anak RNg Dinginnya, seorang mantri Gladag asal Dukuh Bragolan Desa Jenar. Singkatnya, pada November 1828 diangkat jadi Tumenggung Tanggung dengan julukan KRT Cokrojoyo, oleh Susuhunan Pakubowono VI.

Pada tanggal 30 Juni 1830 dilantik jadi Bupati Brengkelan dengan gelar RAA Cokronegoro. Pada tanggal 27 Februari 1831 Purworejo diwisuda jadi RAA Cokronegoro I mengubah nama Kabupaten Brengkelan menjadi Purworejo.

RAA Cokronegoro I berhasil membangun irigasi Kedungputri, Masjid Agung Darul Mutaqin, Bedug Pendowo, pendopo kabupaten dan jalan Purworejo-Magelang. Cokronegoro I juga membentuk prajurit elite yang disebut dengan Jateng Sekar.

Setelah 25 tahun menjabat sebagai bupati Purworejo, pada tahun 1856 Cokronegoro I mengajukan pensiun. Enam tahun kemudian Cokronegoro I wafat dan kedudukannya digantikan oleh putranya RAA Cokronegoro II.

“Peringatan jumenengan digelar sebagai wujud penghormatan kepada leluhur yang telah berjasa kepada Purworejo. Kegiatan ini bisa jadi event wisata sesuai dengan program Romansa Purworejo 2020,” kata Agus Bastian dalam sambutannya. (Jon)