Peredaran 10 Ribu Butir Ekstasi Digagalkan di Tengah Laut

    


Barang bukti narkoba jenis ekstasi dan sabu-sabu yang diamankan di tengah perairan Aceh - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Tim Gabungan yang terdiri dari TNI Angkatan Laut, Badan Nasional Narkotika (BNN) dan Bea Cukai berhasil menggagalkan penyelundupan 70 Bungkus Methamphetamine (Sabu) atau seberat kurang lebih 73.949,43 gram dan 10.000 Butir Ekstasi atau seberat kurang lebih 2.272,79 Gram dari Thailand di Perairan Jambuaye, Kecamatan Panton Labu, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (15/1/2019).

Operasi dilakukan pada 10 Januari 2019 dengan menangkap Saiful Bahri alias Pun, Muhammad Zubir dan Muhammad Zakir. Mereka membawa narkotika jenis Methampetamina atau Sabu-sabu dan Pil Ekstasi.

Kemudian, dilakukan pengembangan pada 14 Januari 2019 dan kembali menangkap seorang pelaku perempuan bernama Metaliana yang merupakan istri dari Muhammad Zubir.

Peran Metaliana disitu menyuruh suaminya ke laut untuk mengambil pesanan barang yang diperintahkan oleh Ramli alias Bang Li (55 Tahun) seorang narapidana di Lapas Tanjung Gusta Medan.

Ramli berperan sebagai pengendali dan pemesan barang haram tersebut dari Malaysia.

Dari keseluruhan tersangka, tim berhasil mengamankan 5 orang pelaku dan 1 orang DPO.

Selain mengamankan narkotika, Tim juga mengamankan barang bukti berupa 1 unit Kapal Motor Karibia, 3 buah Handphone Seluler, 1 buah Handphone Satelit, 1 unit GPS, 1 buah Kompas dan masing-masing identitas tersangka.

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Pusat, Irjen Pol Arman Depari mengatakan, para tersangka terancam Pasal 114 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat (1) 112 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman maksimal Pidana Mati.

“Hukuman maksimal untuk pelaku ini ancaman pidana mati,” jelas Arman. (Bob)