Peran Alumni Spentriba Menuju Indonesia Emas 2045

    


Panitia reuni Akbar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Bebandem (Spentriba) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Bebandem (Spentriba) akan menggelar Reuni Akbar Angkatan 1996-2014 pada 16 Mei mendatang.

“Kami berharap para alumni yang berjumlah 1700 orang ikut berperan dalam memajukan dunia pendidikan menuju generasi emas Indonesia 2045,” kata Wayan Jati di Karangasem, Senin, 14 Mei 2018.

Hal itu disampaikan ketika persiapan acara Reuni Akbar Spentriba Angkatan 1996-2014 yang dirangkai dengan pelepasan siswa kelas IX dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22. SMP Negeri 3 Bebandem berdiri sejak tanggal 16 Mei 1996.

Kegiatan itu juga sebagai perayaan Hari Kebangkitan Nasional dan pemulihan pasca erupsi Gunung Agung.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut sebagai momentum membangun semangat bersama para alumni dalam meningkatkan kualitas pendidikan siswa SMPN 3 Bebandem.

Upaya itu dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi persaingan global dan pengaruh teknologi informasi.

“Mengingat Bali hanya memiliki SDM, tidak punya SDA yang dihandalkan,” ujarnya.

Selain itu, acara itu dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan antar alumni.

Untuk itu, pihaknya mengundang seluruh alumni agar bisa meluangkan waktunya datang ke sekolah melihat perkembangan dan prestasi yang sudah diraih selama 22 tahun.

Sementara itu, Ketua Reuni Akbar Spentriba I Wayan Artaya menambahkan, pihaknya ingin mengetuk kesadaran semua alumni agar selalu ikut berperan mendukung pelaksanaan pendidikan yang lebih baik.

“Acara ini juga dapat dijadikan sebagai momentum mengucapkan syukur, bhakti dan terima kasih kepada guru dan sekolah karena telah memberikan pengetahuan laksana cahaya dalam kegelapan,” ungkapnya.

Sesuai dengan ajaran agama Hindu, acara tersebut merupakan bagian dari ‘Rsi Yadnya’ yang merupkan korban suci yang dilakukan kepada guru.

Pada kesempatan itu, pihaknya akan mengadakan kegiatan implementasi ‘Manusia Yadnya’, bakti sosial, pasar murah yang melibatkan seluruh masyarakat dalam lingkungan SMPN 3 Bebandem.

Cek kesehatan gratis baik medis dan non medis (Ayur Veda) yang diprioritaskan kepada masyarakat kurang mampu.
Serta pembagian sembako gratis kepada lansia, bibit pohon pisang kepada Kelompok Subak Abian.

Reuni Akbar Spentriba akan dimeriahkan oleh pagelaran hiburan seni tradisinal maupun moderen sebagai bentuk pelestarian budaya.
Hiburan yang disajikan yakni Lawak Bali, Tari Bali, Musik Pop Bali (Lingga Jaya, Gus Yudha dan Kan Jaya).

Kegiatan tersebut didukung oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Bali (Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Kesehatan), Pemda Kabupaten Karangasem dan DPW IMO Provinsi Bali. (*)