Pengetan Jumenengan, Puncak Peringatan Hari Jadi Purworejo ke 190

    


Pengetan Jumenengan pada Sabtu (27/02/2021) malam di Pendopo Agung Kabupaten Purworejo, menandai puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke 190 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pengetan Jumenengan yang digelar pada Sabtu (27/02/2021) malam di Pendopo Agung Kabupaten Purworejo, menandai puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke 190.

Jumenengan juga dihadiri Agus Bastian dan Yuli Hastuti, yang baru saja dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Purworejo sehari sebelumnya.

Karena masih dalam masa pandemi, maka Pengetan Jumenengan kali ini dilaksanakan secara terbatas, dan disiarkan secara live streaming dari cannel youtube Romansa Purworejo Indonesia, namun dengan tetap menetapkan protokol kesehatan.

Dalam setiap Pengetan Jumenengan selalu ditampilkan dua pagelaran utama, yakni Beksan Kidung Cakra dan Beksan Cakra Tunggal.

Beksan Kidung Cakra merupakan tarian yang ditampilkan khusus pada Pengetan Jumenengan Bupati pertama Purworejo RAA Tjokronegoro I. Sedangkan Beksan Cakra Tunggal merupakan sebuah karya yang terinspirasi dari tokoh Bupati RAA Tjokronegoro I.

Bupati Agus Bastian pada kesempatan tersebut mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-bersama membangun Purworejo, demi mewujudkan Purworejo berdaya saing 2025.

“Sudah banyak hasil yang kita rasakan namun ke depan perlu ditingkatkan lagi,” kata Agus Bastian. (Jon)