Pengen Rileks di Masa New Normal, Restoran ini Bisa Jadi Pilihan

    


Bali Funtastic Resto terdapat di Jalan Tirta Tawar, Banjar Tegal, Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, miliki 250 lubang biopori, Selasa (7/7/2020) - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebuah restoran ramah lingkungan, Bali Funtastic Resto, memiliki keunikan tersendiri. Restoran di di Jalan Tirta Tawar, Banjar Tegal, Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang, Gianyar itu, miliki 250 lubang biopori.

Pemilik restoran I Made Ardana menjelaskan, 250 lobang biopori ini sekaligus menjadi penampungan sampah organik.

“Kami sedang membangun Patung Dewi Sri setinggi 8,5 meter berbahan ambengan atau ilalang,” kata Ardana, Selasa 7 Juli 2020.

Biopori itu menurutnya, sengaja dibuat sebagai resapan air, sehingga sampah organik bisa dimasukan ke dalam lubang. Nantinya sampah itu bisa dimanfaatkan sebagai kompos untuk tanaman di sekitarnya.

“Hanya sampah plastik yang dibawa keluar restoran. Itu pun, masih bisa disalurkan ke pengepul sampah,” ujarnya.

Untuk menambah kesan ramah lingkungan, restoran seluas 26 are ini dibiarkan terbuka. Sisi barat dan timur, masih berupa area persawahan yang asri.

Restoran itu, sudah buka sejak 1 Juli 2020. Dirancang saat pandemi covid-19 sekitar 5 bulan lalu. Dari situlah, kata Ardana, ketika kondisi pariwisata terpuruk karena pandemi, justru ide itu muncul.

Sebagai tambahan aktifitas, Made Ardana menyiapkan 10 skuter yang bisa dibawa keliling oleh pengunjung. Restoran itu memang sengaja dibuat senyaman mungkin untuk pengunjung. Sambil melihat suasana restoran, pengunjung bisa memberi makan iklan-ikan yang ada disana.

“Kami ingin pengunjung rileks dan happy disini. Konsep outdoor cocok untuk anak-anak, mereka bisa bebas memberi pakan ikan di kolam,” kata Ardana. (ning)