Pengamanan Kunker Ibu Negara, Pangdam: Jangan Ragu Dalam Bertindak

    


Apel kesiapsiagaan pengamanan VVIP digelar di Lapangan Lagoon Nusa Dua, Senin, 2 April 2018 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Ibu Negara Hj. Iriana Jokowi Widodo dan Hj. Mufidah Jusuf Kalla akan melaksanakan lawatan kerja ke wilayah Bali. Sejumlah persiapan dilakukan Kodam Iax/Udayana untuk pengamanan.

Apel kesiapsiagaan digelar di Lapangan Lagoon Nusa Dua, Senin, 2 April 2018. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri mengatakan, Apel Gelar Pasukan bertujuan untuk memberikan pengamanan VVIP secara serius.

“Walaupun pengamanan VVIP sudah sangatlah sering dilaksanakan bersama, namun dalam setiap pengamanan VVIP harus tetap diperlakukan sebagai operasi baru dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” jelas Pangdam IX/Udayana.

Menurut Benny, Kodam IX/Udayana selaku Koops Pam VVIP wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama-sama Polda, Pemerintah Daerah setempat dan unsur pendukung lainnya, harus selalu bersinergi demi mencapai tujuan. Sasaran pengamanan seperti obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan, menurut Pangdam, harus dicapai secara maksimal.

“Kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai Komando harus selalu dikoordinasikan sehingga daya kerja menjadi efektif dan efisien,” ujarnya.

Selain itu, Pangdam menekankan agar memahami dan menguasai Prosedur Tetap Pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Pangdam juga mengarahkan, pasukan bertindak secara optimal yang tidak memberikan celah yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain.

“Jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur yang terkait, serta cermati, ikuti dan laporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi di lapangan,” jelas Pangdam. (*)