Pengagum Bung Karno ini 4 Tahun Napak Tilas Keliling Indonesia

    


Sakiman menghabiskan tujuan terakhir di Kota Singaraja, Buleleng, Bali setelah 4 tahun melakukan napak tilas keliling Indonesia mengunjungi tempat bersejarah yang pernah disinggahi Presiden RI I, Soekarno - foto: ist

KORANJURI.COM – Kecintaannya pada Proklamator Ir. Sukarno atau Bung Karno, Sakiman (40) asal Desa Gandulan, Pekalongan, Jawa Tengah ini nekad melakukan napak tilas di semua tempat di Indonesia yang pernah disinggahi Bung Karno.

Ia sudah memulai aksinya sejak tahun 2012 lalu dan sampai sekarang terus melanjutkan perjalanan keliling Indonesia dengan berjalan kaki.

“Saya melakukan aksi ini hanya bermodalkan semangat. Ini sudah tekad saya dan Bung Karno adalah inspirasi saya,” kata Sakiman ketika singgah di Kota Singaraja, Buleleng, Bali.

Bali Utara menjadi persinggahan terakhir Sakiman sebelum kembali ke rumahnya yang ada di Semarang. Disitu, pria yang telah empat tahun berjalan kaki ini, ingin mengunjungi Bale Agung di Kota Singaraja, tempat asal mendiang ibu Bung Karno yang bernama Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

Sakiman memulai perjalanannya dari titik Nol di Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam. Dari tempat itu kemudian ia berjalan mengunjungi tempat bersejarah, yang memiliki kaitan erat dengan Bung Karno. Napak tilas itu kemudian dilanjutkan di beberapa tempat di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Bima, Flores, Sulawesi, dan pulau Kalimantan.

Selama melakukan perjalanan, Sakiman membawa beberapa atribut diantaranya Bendera Merah Putih, foto dan spanduk bergambar Bung Karno dan menenteng tas ransel.

Ia sedikit mengisahkan bagaimana mengenal sosok Bung Karno. Sejak kecil Sakiman sering membaca buku tentang Soekarno yang didapat dari berbagai literatur. Sampai dewasa, kebiasaan mencari literatur tentang Soekarno tak pernah ditinggalkan.

“Ini akan menjadi pengalaman dan momen terindah bagi saya. Sampai di Semarang, nanti saya akan disambut keluarga besar,” ujar Sakiman.
 
 
way/be