Pengabdian Masyarakat, PTO UM Purworejo Pasang Lampu Sel Surya di Gunung Buthak

    


Tim dosen Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan bantuan sel surya kepada pengelola wisata Gunung Buthak, di Desa Tlogokotes, Bagelen, Purworejo, Kamis (23/09/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Tim dosen Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif (PTO) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo), melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan bantuan sel surya kepada pengelola wisata Gunung Buthak, di Desa Tlogokotes, Bagelen, Purworejo.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara pihak UM Purworejo dengan Pemdes Tlogokotes, Kamis (23/09/2021) di balai desa setempat.

Hadir dalam penandatanganan naskah kerjasama tersebut, Sekdes Agus Haryono, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr. Yuli Widiyono, M.Pd, serta Kaprodi Pendidikan Teknik Otomotif, Dwi Jatmoko, M.Pd.

Menurut Dwi Jatmoko, kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka membantu rintisan desa wisata Gunung Buthak, dan menjadi salah satu kegiatan UM Purworejo dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka Kemendikbudristek.

Usai penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan serah terima lampu sel surya, disaksikan Dwi Jatmoko, M.Pd. (Kaprodi PTO), Dr. Suyitno, M.Pd. (Ketua LPM UM Purworejo), Dr. Yuli Widiyono, M.Pd. (Dekan FKIP), Arif Susanto, M.Pd. dan Aci Primartadi, M.Pd. dari Prodi PTO UM Purworejo, Ketua Pokdarwis Wahyu Wibowo, serta pamong desa Tlogokotes.

“Awalnya tim mengobservasi kondisi pariwisata di Gunung Buthak sekitar dua bulan yang lalu, dilanjutkan dengan kajian pemanfaatan lampu sel surya yang akan dipasang di jalur naik ke puncak Gunung Buthak,” jelas Dwi Jatmoko.

Pengembangan ke depan, ujar Dwi Jatmoko, akan terus dilakukan oleh UM Purworejo di desa wisata Gunung Buthak melalui pemberian sarana prasarana kebersihan dan informasi publik dalam memberikan informasi wisata di
Gunung Buthak, sehingga ekosistem wisata lokal dan alam akan hadir menambah obyek wisata di Purworejo.

Salah satu kegiatan ini, ungkap Dwi Jatmoko, akan terus dilakukan dalam pendampingan kegiatan pengabdian masyarakat di desa dengan bersinergi dalam salah satu program Kompetisi Kampus Merdeka dalam pencapaian salah satu Indikator Kinerja Utama perguruan tinggi.

“Semoga alat sel surya, website gunungbuthak.com dan sarana kebersihan ini dapat membantu kenyamanan wisatawan dalam menikmati alam Gunung Buthak,” kata Dwi Jatmoko

Agus Haryono, atas nama Pemdes Tlogokotes memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Program studi Pendidikan Teknik Otomotif UM Purworejo dalam membantu pengembangan desa wisata Gunung Buthak di masa pandemi Covid-19 ini.

“Besar harapan kami, pendampingan dan pemberian bantuan bisa berlangsung secara kontinyu, hingga desa wisata Gunung Buthak ini bisa berjalan secara mandiri dan go nasional,” ujar Agus Haryono penuh harap. (Jon)