Penataan Saluran Air Kawasan Wisata Tawangmangu Dimulai Tahun ini

    


Dari perbatasan Kabupaten Karanganyar dan Solo, kobaran api terlihat membakar lereng Gunung Lawu dari berbagai sisi - foto: Djoko Judiantoro

KORANJURI.COM – Kawasan wisata di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, bakal digelontor anggaran sebesar Rp 11,4 miliar dari APBD Provinsi Jawa Tengah tahun 2016 ini. Anggaran tersebut digunakan untuk penataan saluran air yang selama ini menyebabkan banjir.

Wakil Ketua Komisi D, DPRD Jawa Tengah Hadi Santoso menyebutkan ada empat prioritas pembangunan yang akan dijalankan dari APBD 2016.

“Prioritas pembangunan meliputi kawasan strategis wisata, kawasan perbatasan, kawasan akses nasional, dan kawasan yang memiliki daya ungkit ekonomi,” ujar Hadi Santoso.

Sedangkan kawasan wisata Tawangmangu punya dua kriteria dari prioritas yang ada. Hadi Santoso menyebutkan, wisata pegunungan itu masuk dalam criteria kawasan strategis wisata dan kawasan perbatasan.

Banjir yang kerap terjadi menurut Hadi Santoso dikarenakan adanya penyempitan saluran air di areal hilir yang berada di sebelah utara Pasar Tawangmangu. Curah hujan di bagian hulu, menurut Hadi Santosa sangat deras sementara daya tampung saluran air dibawah tak mampu menahan debit air yang cukup besar.

“Akibatnya air meluap dan banjir. dalam APBD Jateng tahun ini ada juga anggaran Rp 5 miliar untuk perbaikan infrastruktur jalan,” ujarnya demikian.
 
 
gad