Pemudik Berdatangan, Satlantas Polres Purworejo Sterilkan Bus dan Penumpang

    


Meminimalisir penyebaran Covid-19 melalui para pemudik yang mulai berdatangan ke Purworejo, Satlantas Polres Purworejo melakukan sterilisasi, dengan penyemprotan disinfektan ke bus, awak bus, dan penumpang, Sabtu (28/3), di terminal bus Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Meminimalisir penyebaran Covid-19 melalui para pemudik yang mulai berdatangan ke Purworejo, Satlantas Polres Purworejo melakukan sterilisasi, dengan penyemprotan disinfektan ke bus, awak bus, dan penumpang.

Sterilisasi ini dilakukan Sabtu (28/3), di terminal bus Purworejo, dipimpin oleh Kanit Dikyasa, Ipda Wulan PA, STrK. Dalam kegiatan ini, Satlantas menggandeng Ur Kes Polres Purworejo, Dinas Perhubungan, serta Dinas Kesehatan.

Menurut Wulan, kemungkinan para pemudik merasa kampung halamannya lebih aman, sehingga mereka yang ada di kota besar mulai mudik ke Purworejo.

Padahal untuk mencegah penularan Virus Corona ini, masyarakat dihimbau agar tetap berada di rumah, maupun menghindari kerumunan.

“Penyemprotan ini untuk meminimalisir penularan virus corona masuk ke Purworejo,” ujar Wulan, mewakili Kasatlantas Polres Purworejo, di sela-sela kegiatan.

Terdata, kata Wulan, ada peningkatan kedatangan penumpang yang turun di terminal Purworejo. Mereka ini, berasal dari Jakarta, atau kota-kota besar lainnya.

“Selain disemprot disinfektan, para penumpang dan awak bus juga dicek suhu tubuhnya. Hasilnya, para penumpang dan awak bus tidak ada yang memiliki suhu diatas 37 derajat,” ungkap Wulan.

Selain sterilisasi, dari Satlantas Polres Purworejo juga melakukan sosialisasi, dengan menempelkan Maklumat Kapolri di bus, dan dibagikan kepada masyarakat. Wulan berharap, agar masyarakat dapat mematuhi dan mengindahkan maklumat tersebut.

Terpisah, Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito menjelaskan, bahwa dari kepolisian akan terus melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang berdatangan dari arah Jakarta, Surabaya dan kota-kota lainnya.

“Semua itu kami lakukan, untuk meminimalisir warga pembawa Covid-19 masuk ke Purworejo,” kata Kapolres Purworejo. (Jon)