Pemkot Denpasar Luncurkan Aplikasi PRO Denpasar, Download di Android

    


Screenshot playstore

KORANJURI.COM – Pemerintah Kota Denpasar terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat. Menuju Denpasar Kota Pintar (smart city), pemerintah telah meluncurkan layanan akses informasi dan komunikasi warga ke pemerintah melalui aplikasi online PRO (Pelayanan Rakyat Online) Denpasar. Masyarakat diminta mengoptimalkan layanan ini.

Seperti yang dijelaskan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar I Dewa Made Agung, layanan PRO Denpasar yang diluncurkan pada 27 Februari 2013 itu dalam rangka memudahkan akses informasi dan komunikasi warga kepada pemerintah.

Pemkot Denpasar telah meluncurkan aplikasi online PRO Denpasar untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Melalui aplikasi yang dapat diakses melalui HP Android ini, masyarakat bisa mengadukan keluhannya terkait keadaan kota yang perlu mendapatkan penanganan dari pemerintah secara online.

Kadis Kominfo Denpasar I Dewa Made Agung - foto: Ari Wulandari/Koranjuri.com

Kadis Kominfo Denpasar I Dewa Made Agung – foto: Ari Wulandari/Koranjuri.com

“Masyarakat bisa mengoptimalkan layanan ini,” tutur Kadis I Made Agung saat dihubungi, di Denpasar, Sabtu (18/11/2017).

Ditambahkan Made Agung, pengembangan kota menuju kota pintar (smart city) melibatkan partisipasi dari seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di Kota Denpasar. Seluruh informasi, data dan layanan dari OPD diintegerasikan melalui control room Damamaya Denpasar Cyber Monitor (DDCM) yang diluncurkan pada 27 Denpasar 2016.

Melalui pengintegrasian ini pemerintah juga dapat melakukan kajian dan analisis untuk pengembangan-pengembangan yang dapat dilakukan ke depannya.

Terkait layanan aplikasi PRO Denpasar ini, sebuah perusahaan aplikasi PT. Qlue Peforma Indonesia (QPI), mengadakan kunjungan ke Damamaya Denpasar Cyber Monitor, Kamis (16/11/2017). Kunjungan dipimpin oleh Bussiness Development Director Qlue, Dedi Irawan Sinuhaji.

Kunjungan ini menjadi ajang bertukar informasi terkait hal-hal yang telah berhasil dan akan dikembangkan oleh kedua belah pihak.

Dedi Irawan mengapresiasi pengembangan layanan dan aplikasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Denpasar.

“Saya mengapresiasi sekali command centernya. Ini sudah standar sekali untuk city management pemerintah ini, ada data manajemennya juga,” ungkapnya.

‘Qlue’ merupakan sebuah perusahaan aplikasi yang sejak tahun 2014 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menunjang pelaksanaan program smart city di Jakarta. Aplikasi ini dapat memfasilitasi warga Jakarta untuk melaporkan kejadian sekitarnya dan dapat segera diteruskan serta ditangani oleh dinas-dinas terkait.(Ari)