Pemda Purworejo Luncurkan Situs UMKM purworejo-mall

    


Penandatanganan kerjasama antara BNI dan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Purworejo, Rabu (18/1) di Sanjaya Inn Hotel - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Menindaklanjuti dari kesepakatan bersama antara Bupati Purworejo dengan Pemimpin Wilayah BNI Yogyakarta tanggal 19 Mei 2016, tentang pemberdayaan perekonomian daerah di Kabupaten Purworejo dan pemanfaatan produk dan jasa perbankan, Rabu (18/1), berlangsung penandatanganan kerjasama antara BNI dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan di Sanjaya Inn Hotel, Purworejo.

Hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Arif Tri Tjahyono, Head Of Network dan Service BNI Kanwil Yogyakarta, Kepala Cabang BNI Purworejo, Agus Suyono, Kepala Dinas KUKMP, Suhartini, Ketua HIPMI Purworejo, para camat, kalangan perguruan tinggi, serta para pelaku UMKM.

Menurut Arif Tri Tjahyono, selaku Head Of Network and Service BNI Kanwil Yogyakarta, kerjasama ini dalam bentuk peluncuran situs online untuk mendukung pemasaran produk-produk UMKM serta promosi paket wisata di Purworejo, dengan nama www.purworejo-mall.com.

“Situs ini akan menampung semua potensi UMKM dan wisata yang ada di Purworejo, sehingga masyarakat dapat melakukan belanja melalui situs tersebut,” jelas Arif.

Dengan biaya terjangkau, jelas Arif, program E-commerce ini dibuat untuk menghubungkan produsen dan konsumen, pembeli dan penjual dapat bertransaksi langsung tanpa perantara. Dengan kata lain, e-commerce menjadi solusi bisnis bagi UMKM untuk dapat berkembang.

Untuk memudahkan pengunjung laman, baik lingkup domestik maupun internasional dalam melakukan transaksi belanja, jelas Arif, pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, yang didukung oleh BNI, melalui berbagai fasilitas e-payment BNI, seperti BNI Debit Online, BNI SMS Payment, BNI VA Payment, dan Kartu Kredit BNI.

Dalam kerjasama ini, terang Arif, BNI berperan mempersiapkan infrastruktur market place, sistim pembayaran, dan solusi finansial, termasuk pembiayaan UMKM.

Sementara Dinas KUKMP, melalui griya UMKM berperan meningkatkan kapabilitas UMKM, membantu pengelolaan produk, dan manajemen marketplace. UMKM sendiri, menyediakan barang/jasa yang berkwalitas, dan tepat waktu pemenuhan pesanan.

“Kerjasama ini merupakan salah satu langkah BNI sebagai ‘one stop banking solution’ bagi pemerintah daerah di seluruh Indonesia,” jelas Arif.

Dalam sambutannya, Wabup Yuli Hastuti mengatakan, dirinya menyambut baik adanya kerjasama tersebut. Mudah-mudahan, kerjasama tersebut bisa mendukung pemberdayaan potensi daerah Kabupaten Purworejo, dalam rangka mendorong dan mengembangkan program satu desa satu produk.

Terpisah, Titik Mintarsih, Kabid Koperasi dari Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo menjelaskan, dalam launching tersebut, sudah ada sekitar 52 jenis barang produk UMKM yang dipasarkan melalui situs www.purworejo-mall.com.
 
 
Jon