Pembangunan RS Tipe C Tahap Dua di Purworejo Hampir Selesai

    


Rumah Sakit Tipe C di Kabupaten Purworejo, yang berlokasi di jalan Sukarno - Hatta, Boro Kulon, Banyuurip - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Proyek pembangunan RS Tipe C tahap dua di Kabupaten Purworejo, yang berlokasi di jalan Sukarno – Hatta, Boro Kulon, Banyuurip, hampir selesai.

Proyek yang dilaksanakan oleh PT Adikarya Putra Cisadane – PT Marabuntha Ciptalaksana (KSO) ini, nilainya mencapai Rp 33,9 milyar, dengan sumber dana dari APBD. Sebagai konsultan pengawas, CV Multi Citra Graha, dan konsultan perencana, CV Elcentro.

Dari 210 hari kalender pelaksanaan, proyek yang akan berakhir pada 26 Desember mendatang ini, hingga Rabu (4/12), progresnya sudah mencapai 85 persen. Direncanakan, pada pertengahan Desember, semua kegiatan bisa diselesaikan.

“Pekerjaan tahap dua ini, meliputi mekanikal elektrikal, seperti lift, anti radiasi, gas medis, dan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah),” ujar Ir. Suranto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo, Jum’at (6/12/2019).

Suranto, yang didampingi Wiyoto Harjono, ST, selaku Kuasa Pengguna Anggaran, dan Riski Khozari, ST, selaku PPKom menjelaskan, bahwa semua peralatan tersebut sudah terpasang dan terinstal semua, namun belum dinilai bobotnya, karena belum diuji fungsi (commissioning).

Tujuan uji fungsi ini, terang Suranto, untuk mengetahui, apakah semua peralatan yang sudah terpasang tersebut bisa berfungsi atau tidak. Direncanakan, cek list semua pekerjaan dan uji fungsi semua peralatan akan dilaksanakan pada 15 – 20 Desember. Dan uji commissioning ini, akan menjadi penutup progresnya.

“Pekerjaan terakhir tahap dua ini, pengaspalan, yang dalam skedul direncanakan tanggal 10 Desember. Harapannya, pertengahan Desember itu semua pekerjaan sudah selesai, dan dilanjutkan dengan serah terima pertama,” pungkas Suranto. (Jon)