Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mushola pada HUT ke-74 SMPN 2 Purworejo

    


Pemotongan tumpeng oleh Bupati Purworejo dan diberikan kepada Kepala Sekolah Yosiyanti Wahyuningtyas, MPd, menandai puncak peringatan HUT SMPN 2 Purworejo yang ke-74 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo Agus Bastian, melakukan peletakan pertama pembangunan mushola di SMPN 2 Purworejo, Sabtu (05/09/2020), pada peringatan HUT sekolah itu yang ke 74 (5 September 1946 – 5 September 2020).

Sebelumnya, bupati sempat melakukan potong tumpeng, sebagai penanda puncak peringatan, dan diberikan kepada Kepala SMP N 2 Purworejo, Yosiyanti Wahyuningtyas, MPd.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Purworejo menyampaikan harapannya, dengan bertambahnya usia, semoga SMP Negeri 2 Purworejo akan semakin maju dan berkembang dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, serta terus menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Purworejo.

“Dalam usianya yang telah mencapai 74 tahun, SMP Negeri 2 Purworejo telah menorehkan berbagai prestasi hingga tingkat nasional bahkan internasional, dan telah banyak melahirkan orang-orang sukses di bidangnya masing-masing,” ujar bupati bangga.

Peletakan batu pertama pembangunan mushola di SMP N 2 Purworejo oleh Bupati Agus Bastian - foto: Sujono/Koranjuri.com

Peletakan batu pertama pembangunan mushola di SMP N 2 Purworejo oleh Bupati Agus Bastian – foto: Sujono/Koranjuri.com

Terkait pembangunan mushola, bupati berpesan, apabila sudah selesai nanti, supaya dimanfaatkan dan dirawat dengan sebaik-baiknya, agar bisa menjadi tempat untuk beribadah dan belajar ilmu agama.

Terpisah, Yosiyanti menjelaskan, adanya pembangunan mushola, karena mushola yang lama terlalu sempit dan kurang representatif, dengan jumlah siswa mencapai 630 orang.

Menurut Yosiyanti, selain untuk meningkatkan penanaman pendidikan karakter, yakni meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, serta memperlancar kegiatan ibadah para siswa, pembangunan mushola tentunya menjadi pembangunan yang monumental.

“Sumber dananya dari para alumni dan donatur. Pembangunan mushola ini sebagai perwujudan dharma bakti kami terhadap almamaternya,” kata Yosiyanti.

RAB (Rencana Anggaran Belanja) untuk pembangunan mushola tersebut, ungkap Yosiyanti, mencapai Rp 572 juta. Dan hingga kini, dana yang sudah terkumpul mencapai Rp 350 juta.

Dijelaskan pula, tak lama lagi, pihak sekolah juga akan merehab ruang kantor TU, ruang kepala sekolah dan ruang kesenian, yang kondisinya kini sudah sangat memprihatinkan.

Karena hingga saat ini belum ada bantuan, baik dari pemerintah pusat maupun daerah, maka pihak sekolah berupaya menggali dana dari masyarakat, dalam hal ini orang tua siswa yang mampu.

“Mohon doanya supaya pembangunan kantor ini bisa terlaksana, sehingga kegiatan yang ada di SMP N 2 Purworejo bisa berjalan lancar,” ujar Yosiyanti.

Memasuki usia yang ke 74, Yosiyanti berharap, SMP N 2 Purworejo semakin maju, semakin sukses, dan semakin banyak berkontribusi demi kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Purworejo.

Pada peringatan HUT SMP N 2 Purworejo yang 74 itu, selain Bupati Purworejo, dihadiri juga oleh Sekertaris Menteri PAN – RB Dwi Wahyu Atmaji, Ketua Komite Pram Prasetyo Ahmad, Kadindikpora Sukmo Widi Harwanto, para alumni, serta segenap tamu undangan. (Jon)