Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi Angkatan Ketiga Dimulai

    


Penyerahan seragam pada perwakilan peserta, menandai dimulainya Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi Angkatan Ketiga, yang diselenggarakan UPT-BLK Cangkrep, Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sekretaris Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja perinaker Kabupaten Purworejo, Pracoyo, S.Sos, secara resmi membuka Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi Angkatan ketiga, yang diselenggarakan UPT-BLK Cangkrep, Senin (16/7) lalu.

Sebanyak 176 peserta mengikuti pelatihan ini, dari sebelas paket kejuruan, yakni, prosesing hasil pertanian, mekanik yunior mobil, juru las SMAW 3 G, teknisi refrigasi komersial, operator mesin produksi, mekanik yunior sepeda motor, teknisi telepon seluler, operator bordir mesin, operator pembuat pakaian kerja wanita, teknisi mebeler, dan audio video.

“Pelatihan dilaksanakan dari Selasa (17/7) hingga Selasa (21/8), selama 240 jam pelajaran,” jelas Sudarman, S.Sos, Kepala UPT-BLK Cangkrep, Kamis (19/7).

Khusus untuk kejuruan prosesing hasil pertanian, kata Sudarman, dimulai dari Selasa (17/7) hingga Rabu (8/8), atau 160 jam pelajaran. Dan kejuruan juru las SMAW 3G, dimulai Selasa (17/7) hingga Sabtu (8/9), atau 360 jam pelajaran.

Maksud dan tujuan dari pelatihan itu sendiri, kata Sudarman, untuk peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas tenaga kerja di Kabupaten Purworejo.

Harapannya, setelah selesai mengikuti pelatihan bisa menambah pengetahuan dan skill sehingga mampu bersaing di pasar kerja, yang akhirnya bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Purworejo.

“Dan setelah pelatihan, peserta akan menjalani uji kompetensi sesuai kejuruan masing-masing,” pungkas Sudarman. (Jon)