Pecalang Bantu Pengamanan Pembagian Daging Kurban

    


Ribuan warga sejak sore hari antri menukarkan kupon daging hewan kurban di Mushola Al Falah, Padangsambian, Denpasar - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pecalang atau keamanan adat di Bali terlihat membantu pengamanan pembagian daging kurban di Mushola Al Falah di Jalan Gunung Talang, Padangsambian, Denpasar, Sabtu, 2 September 2017. Ada 2.400 kupon yang dibagikan kepada warga untuk pengambilan daging kurban di Mushola itu.

Ketua panitia Idul Adha 1438 H di Mushola Al Falah, Jasrifan mengatakan, pecalang selalu melibatkan diri dalam kegiatan Hari Raya Idul Adha maupun hari besar lainnya.

“Ini sudah menjadi tradisi disini bahwa kami saling membantu,” ujar Jasrifan, Sabtu, 2 September 2017.

Sebanyak 27 ekor kambing dan 10 ekor sapi disembelih sebagai hewan kurban di Mushola Al Falah. Pemotongan dilakukan sejak pukul 8.00 wita pada Sabtu (2/9/2017). Jasrifan mengatakan, pihaknya melibatkan 200 ahli potong hewan kurban.

Selain dibagikan kepada Jamaah Mushola, daging hewan kurban itu juga dibagikan kepada umat non muslim yang tinggal di kawasan Jalan Gunung Talang, Padangsambian, Denpasar. Dikatakan Jasrifan, warga diluar jamaah Mushola pun boleh mengambil daging dengan menunjukkan kartu tanda penduduk.

Selain itu, pemotongan hewan kurban itu juga mengundang petugas peternakan dan mahasiswa kedokteran hewan UNUD untuk memastikan kelayakan daging hewan kurban. (Way)