PDAM Purworejo Beri Harga Khusus Pemasangan Baru di Wilayah Kutoarjo

    


Kantor PDAM Cabang Kutoarjo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Program pemberian harga khusus pasang sambungan baru untuk pelanggan di wilayah PDAM Cabang Kutoarjo, yang dimulai tahun lalu dan berakhir hingga Agustus 2018, akhirnya diperpanjang hingga akhir November 2018.

Perpanjangan ini seiring dengan hampir selesainya pembangunan reservoar di treatment Kutoarjo. Dengan harga khusus ini, biaya sambungan baru yang umumnya di kisaran Rp 1,8 juta hingga Rp 2,2 juta (tergantung panjang pendeknya pipa), menjadi Rp 1.385.950,-.

“Syaratnya, foto copy KTP, foto copy surat bukti kepemilikan tanah, membayar biaya survey sekitar Rp 30 ribu, dan materai Rp 6 ribu. Untuk pendaftarannya, silahkan menghubungi PDAM Cabang Kutoarjo,” jelas Hermawan Wahyu Utomo, ST, Direktur PDAM Tirta Perwitasari Purworejo, Senin (17/9).

Biaya sambungan baru tersebut, kata Hermawan, diberikan kepada pelanggan baru dengan ketentuan, panjang pipa maksimal 32 meter (diameter 1 atau 3/4 inchi). Apabila panjang pipa yang dipasang sebelum meter air lebih dari 32 meter, kelebihannya akan menjadi tanggungan pelanggan, dan akan diperhitungkan sebagai tambahan biaya sambungan baru.

Jumlah alat kran setelah meter yang ditanggung PDAM, hanya satu buah. Tambahkan instalasi, menjadi tanggungan pelanggan. Dan subsidi biaya sambungan baru, hanya diberikan kepada golongan sosial dan rumah tangga.

Jumlah pelanggan PDAM Cabang Kutoarjo sendiri, menurut Hermawan, saat ini mencapai 4.200 SR (Sambungan Rumah). Berdebit total 50 liter/detik, dengan asumsi 1 liter untuk 100 SR, maka idealnya, jumlah pelanggan di PDAM wilayah Kutoarjo 5 ribu SR. Kekurangan jumlah pelanggan ini, ditempuh dengan program percepatan pelanggan air bersih.

“Per bulan, rata-rata ada 50 pendaftaran sambungan baru. Optimis target akan tercapai. Dengan pembangunan reservoar di treatment Kutoarjo, gangguan bisa diminimalisir, dan distribusi air jadi lancar,” pungkas Hermawan. (Jon)