Pasang Carpolied Di Jalur Rawan Tekan Lakalantas

    


Pemasangan gambar mobil polisi 3 Dimensi/ Carpolied di jalur rawan lakalantas - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Guna menekan angka kecelakaan lalulintas di jalan raya, Satlantas Polres Purworejo memasang Car Poli-3D, atau Carpolied di jalur-jalur rawan lakalantas.

Carpolied sendiri merupakan gambar/ pajangan kendaraan dinas Satlantas berbentuk 3D (tiga dimensi), yang berfungsi untuk membantu kinerja Satlantas Polres Purworejo.

Ide adanya Carpolied ini, menurut Kasatlantas AKP Eko Rubiyanto, SIK, atas petunjuk dan arahan Kapolres Purworejo, AKBP Satrio Wibowo,SIK, dalam menyambut hari ulang tahun Lalu Lintas, serta adanya LOMPIA jilid II, Lomba Pelayanan Inovasi, dan Aksi untuk kesatuan lalulintas.

“Angka lakalantas meningkat 11% dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, akan tetapi untuk fatalitas korban yang diakibatkan kecelakaan berkurang sebesar 2%,” ujar Eko Rubiyanto.

Hal tersebut menjadi perhatian bagi pihak kepolisian, khususnya Satlantas Polres Purworejo. Dasar pemikiran Carpolied ini, dimaksudkan agar para pengendara lebih berkonsentrasi dalam mengendarai kendaraannya di jalan.

Pemasangan Carpilied di jalur rawan, karena menurut hasil evaluasi dari tim Unit Laka Polres Purworejo, lokasi rawan laka lebih sering terjadi,
di wilayah-wilayah yang sepi/ minim masyarakat, minim penerangan serta di wilayah yang memiliki jalur yg lurus tanpa hambatan/ berbelokan tajam, sehingga mengurangi kehati-hatian para pengguna jalan.

“Dengan Carpolied, dimaksudkan untuk memberikan efek kejut/ antisipasi dari para pengendara,
khususnya niatan untuk ngebut/ ugal-ugalan dalam berkendara,” jelas Eko Rubiyanto.

Dengan pemasangan Carpolied, diharapkan masyarakat akan lebih berhati-hati (takut) apabila mereka melihat kehadiran Polisi di sekitarnya.

Pemasangan Carpolied ini juga di lengkapi dengan “Scotlight” (stiker tempel) yang berfungsi memberikan penerangan pada gambar tersebut agar tampak jelas khususnya di wilayah yang minim pencahayaan,” pungkas Eko Rubiyanto.
 
 
Jon