Panwascam Pilkada Purworejo 2020 Resmi Dilantik

    


48 anggota Panwascam Pilkada Purworejo 2020 saat menjalani pelantikan di Ballroom Hotel Plaza Purworejo, Senin (23/12) oleh Ketua KPU Purworejo, Nur Kholiq - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 48 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) pemilihan bupati dan wakil bupati Purworejo 2020, resmi dilantik. Mereka ini berasal dari 16 kecamatan se Kabupaten Purworejo.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo, Nur Kholiq, Senin (23/12), di Ballroom Hotel Plaza. Hadir dalam pelantikan tersebut, perwakilan Bawaslu Propinsi Jateng, Anik Solehatun, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Yopi Prabowo, Asisten I Setda, Sumhardjono, serta segenap tamu undangan lainnya.

Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah/janji, yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penandatanganan pakta integritas oleh perwakilan peserta.

Dijelaskan oleh Nur Kholiq, usai pelantikan, jumlah pendaftar panwascam dari 16 kecamatan tersebut mencapai 274 orang, dengan jumlah pendaftar terbanyak dari Kecamatan Purworejo yang mencapai 36 orang.

“Dari jumlah tersebut, yang lolos seleksi administrasi 249. Yang tidak lulus, mayoritas karena masalah umur,” jelas Nur Kholiq

Setelah seleksi administrasi, kata Nur Kholiq, dilanjutkan dengan test tertulis secara online, dengan materi soal dari Bawaslu pusat pada Jum’at (13/12). Tahapan selanjutnya, test wawancara yang dilaksanakan dari Sabtu (14/12) hingga Selasa (17/12).

Hasil penilaian, menurut Nur Kholiq, 30 persen dari tes tertulis, dan 70 persen wawancara. Dari semua anggota panwascam, sebagian besar didominasi wajah-wajah baru, dan 13 diantaranya wanita.

Sementara itu, Anik Solehatun menilai, proses seleksi anggota panwascam berjalan tertib dan lancar. Pada anggota panwascam yang baru dilantik, Anik berpesan, untuk menyesuaikan diri dengan tugas-tugas pengawasan.

“Hari ini, pelantikan panwascam serentak dilakukan pada 21 kabupaten/ kota di seluruh Jateng,” terang Anik, dari Divisi Pengawasan Bawaslu Propinsi Jateng. (Jon)