Pantai Jatimalang Masih Jadi Andalan

    


Pantai Jatimalang, masih jadi andalan Pemkab Purworejo dalam mendongkrak PAD dari sektor pariwisata - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pantai Jatimalang, Purwodadi, masih jadi andalan Pemkab Purworejo dalam mendongkrak PAD dari sektor pariwisata. Selain Jatimalang, ada kolam renang Arta Tirta dan Goa Seplawan yang juga menjadi andalan.

Pada tahun 2018, dari target PAD Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Rp 1,5 miliar, tercapai Rp 1,7 miliar, atau 11 persen melebihi target. Penyumbang terbesar PAD, dari kolam renang Arta Tirta.

“Tahun lalu, Pantai Jatimalang masih dalam pembangunan, sehingga pemasukan belum maksimal. Tahun ini, meski ada tahap pembangunan lanjutan, namun sudah ada spot yang bisa dijual, sehingga bisa kita andalkan,” jelas Agung Wibowo, Kepala Dinparbud Kabupaten Purworejo, Senin (18/2).

Dijelaskan oleh Agung, sumber PAD Dinparbud, berasal dari gedung wanita, gedung Sarwo Edhie Wibowo, sewa kios, kolam renang Arta Tirta, Museum Tosan Aji, Pantai Jatimalang, Goa Seplawan, dan Taman Geger Menjangan.

Untuk target PAD tahun 2019, kata Agung, Rp 1,6 miliar. Agung optimis, target akan tercapai, meski tanpa gedung wanita, karena tahun ini direvitalisasi.

Tahun ini, ungkap Agung, dari Dinparbud akan menggelar banyak event, untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisata ke Purworejo. Event itu, antara lain, rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Purworejo, hari lahir WR Supratman, Bruno Jazz, festival layang-layang, hingga grebeg Kamardikan.

“Keberadaan destinasi wisata baru Glamping de Loano di Sedayu, Loano, milik Badan Otorita Borobudur, juga akan mendongkrak tingkat kunjungan wisata ke Purworejo,” pungkas Agung. (Jon)