Pangdam IX/Udayana Tinjau Pasukan Tempur Yonif Mekanis 741/GN

    


Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto saat melakukan pengecekan Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara di Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Senin, 18 Mei 2020 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Kekuatan pertahanan militer di wilayah Bali didukung oleh Batalyon Infanteri Mekanis yang berada dibawah Komando Kodam IX/Udayana.

Diresmikan pada 25 Maret 2015, Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara, memiliki tugas pokok mencari, mendekati, menghancurkan dan menawan musuh.

Berlokasi di Jembrana, tugas pertahanan lainnya yakni merebut, menguasai dan mempertahankan medan, baik berdiri sendiri maupun dalam hubungan yang lebih besar dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam IX/Udayana.

Tugas komando yang dipimpin oleh Letkol Inf Hendra Saputra itu begitu kompleks. Dikatakan Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G., pembinaan pangkalan rutin dilakukan oleh Kodam IX/Udayana.

“Pangdam IX/Udayana secara khusus melaksanakan pengecekan dan meninjau langsung segala fasilitas yang ada,” jelas Jonny, Senin, 18 Mei 2020.

Kesatuan ini dilengkapi dengan alutsista seperti kendaraan lapis baja Anoa buatan Pindad serta alat tempur lainnya. “Kondisi prajurit yang mengawaki mendapatkan perhatian khusus dari Panglima Kodam IX/Udayana,” ujarnya.

Sementara, di Barak Prajurit remaja, Pangdam Udayana menyampaikan agar Komandan Satuan selalu memperhatikan kesehatan dan kebugaran para prajuritnya, terutama, ketercukupan asupan gizi.

Dalam pemantauan itu, Pangdam didampingi Asrendam IX/Udy, Aslog Kasdam IX/Udy, Kapaldam IX/Udy dan Dandeninteldam IX/Udy serta tampak hadir juga Ketua Persit KCK PD IX/Udy bersama Wakil Ketua dan Pengurus Persit KCK PD IX/Udy. (Way/*)