Orari Lokal Surakarta Dropping Air Bersih di 2 Desa Terdampak Kekeringan

    


Orari Lokal Surakarta melakukan suplai air bersih kepada warga di 2 desa terdampak kekeringan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah - foto: Media/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Meskipun sudah memasuki musim penghujan, bukan berarti kebutuhan air bersih tercukupi di semua tempat. Seperti di desa Sangup dan desa Ringinlarik di Kecamatan Musuk, Boyolali, Jawa Tengah. Banyak sumber air bersih masih mengering akibat kemarau lalu.

Akibatnya banyak warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Mereka harus berjalan jauh, atau membeli dengan harga mahal untuk mendapatkan air bersih tersebut.

Padahal air bersih tersebut sangat vital untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti untuk kebutuhan air minum dan memasak makanan. Kenyataan itulah yang membuat komunitas dari anggota Orari Lokal Surakarta, khususnya yang berdomisili di Boyolali tergerak kepeduliannya. Dengan kerja tim yang solid, mereka berhasil mengumpulkan air bersih sebanyak 9 truk tangki.

“Kami dari anggota Orari Lokal Surakarta di Boyolali memang sangat prihatin dengan kondisi warga di sana. Sehingga untuk sementara, kami putuskan untuk membantu mengirim air bersih ke dua desa tersebut,” ujar Edy Suprapto (49) dari orari YD2EDV, koordinator dari komunitas Orari Lokal Surakarta Boyolali.

Kegiatan mengirim bantuan air bersih tersebut dilakukan beberapa waktu lalu (15/10). Bantuan air bersih menyasar ke tempat-tempat yang menjadi titik prioritas. Seperti masjid, pondok pesantren, serta beberapa tempat yang menjadi titik kumpul strategis warga di kedua desa di lereng Merapi tersebut. Baik desa Sangub dan Ringinlarik, selama ini belum tersentuh oleh bantuan dari pihak luar, khususnya masalah air bersih.

Dengan kegiatan dropping air bersih tersebut, diharapkan kebutuhan masyarakat akan air bersih di desa itu menjadi terbantu. Paling tidak, bisa sedikit mengurangi kesulitan warga untuk mendapatkan air bersih. Dengan kegiatan ini, juga membuktikan kepedulian Orari Lokal Surakarta akan fenomena yang terjadi di masyarakat. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk komunitas-komunitas lainnya untuk bisa lebih peduli. Med