Operasi Ramadniya Agung 2016 di Pulau Dewata Libatkan 3.000 Ribu Personil Gabungan

    


Kapolda Bali, Irjen Pol. Sugeng Priyanto memimpin gelar pasukan Operasi Ramadniya Agung 2016 di Lapangan Bajrasandhi Renon, Denpasar - foto: Suyanto/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Selama 16 hari dari tanggal 30 Juni hingga 15 Juli 2016, secara serentak Polri menggelar operasi Ramadniya 2016 untuk mengamankan arus musik lebaran. Di lingkungan Polda Bali, gelar pasukan diadakan di Lapangan Bajrasandhi, Renon, Kamis, 30 Juni 2016 sekitar pukul 15.00 wita.

Gelar pasukan itu dipimpin langsung oleh Kapolda Bali Irjen Polisi Sugeng Priyanto. Kapolda mengatakan, kepolisian RI memberikan perhatian penuh terhadap arus mobilisasi pada setiap mudik lebaran.

“Hari Raya Idul Fitri tidak lagi jadi upacara keagamaan semata tapi sudah berkembang jadi tradisi
budaya bangsa,” kata Kapolda Bali, Irjen Polisi Sugeng Priyanto, Kamis, 30 Juni 2016.

Dalam setiap aktifitas mudik, menurut Sugeng Priyanto, selalu dibarengi dengan peningkatan perpindahan orang maupun barang. Dengan demikian, potensi munculnya gangguan lalu lintas cukup besar termasuk terjadinya kecelakaan.

“Kondisi ini tidak dapat dihindari karena berbagai permasalahan yang menyertainya, seperti kondisi jalan yang menyempit (bottle neck), tanjakan, turunan tikungan
yang tajam, pertemuan arus lalu lintas dua arah maupun perbaikan jalan dan jembatan,” ujar Sugeng Priyanto.

Dalam operasi kali ini, Polri memberikan jaminan rasa aman untuk masyarakat dalam menyambut hari raya lebaran. Selain itu, sasaran operasi Ramadniya Agung 2016 ditujukan untuk menjaga situasi dan kondisi kamtibmas yang aman, kondusif dan terkendali sebelum, pada saat dan paska ldul Fitri 1437 H.

Jumlah petugas gabungan yang terlibat dalam operasi ini mencapai 3.000 personil terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Dinas Perhubungan, PT Jasa Raharja dan Pecalang. Jumlah itu didukung oleh 24 pos pengamanan yang tersebar di seluruh Bali.

“Kami menurunkan 1.302 anggota Polri yang tersebar di seluruh Bali,” jelas Kapolda Bali, Irjen Polisi Sugeng Priyanto.
 
 
Alit