Operasi Ramadania 2016, Polres Kebumen Sulap 5 Polsek di Jalur Mudik Jadi Rest Area

    


AKP Aditia Mulya R, SIK, Kasatlantas Polres Kebumen - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Selama Operasi Ramadania 2016, yang digelar serentak di seluruh Indonesia dari tanggal 30 Juni-13 Juli 2016, Polres Kebumen kerahkan 643 personel. Para personel ini, ditempatkan pada pos-pos yang tersedia.

Menurut AKP Aditia Mulya R, SIK, Kasatlantas Polres Kebumen, untuk memperlancar arus mudik, Polres Kebumen telah menyiapkan 10 Pos Pam, 9 Sub Pos Pam, dan 1 Pos Pelayanan.

10 Pos Pam ini, berada di RM Mergosari, pasar Gombong, Kretek, pasar Karanganyar, Kebulusan, simpang empat Muktisari, simpang empat Tugu Lawet, simpang tiga Kedungbener, Kutowinangun, dan pasar Prembun.

Untuk Sub Pos Pamnya, jelas Aditia, terdapat di simpang tiga Sangkal Putung, jembatan double, Rowokele, simpang empat Kuwayuhan, Candisari, RM Ijo, dan simpang tiga Gentan. Untuk Pos Pelayanan atau Cek Point, di RM Lestari, Guyangan.

“Ada 5 polsek yang dilewati jalur mudik, kita sulap jadi rest area, yakni, Polsek Prembun, Kutowinangun, Pejagoan, Sruweng, dan Rowokele,” jelas Aditia, Rabu (29/6).

Dan selama arus mudik, Polres Kebumen belum akan memaksimalkan jalur alternatif selatan-selatan (jalan Deandeles). Itu dikarenakan, sarana dan prasarana di jalan Deandeles masih minim. Jalur utama, akan menjadi prioritas.

“Khusus pos pelayanan cek point, Kebumen merupakan salah satu dari 3 daerah di Jateng yang ada cek point. Lainnya di Cilacap dan Brebes,” kata Aditia.

Adanya pos cek point di Kebumen, jelas Aditia, karena titik lelah para pemudik setelah 4 jam berkendara, dari arah Jakarta maupun Bandung diperkirakan ada di Kebumen. Cek point ini, dikhususkan untuk pemudik berkendaraan roda dua.

Pada jam-jam tertentu, para pemudik yang memakai kendaraan roda dua ‘dipaksa’ berhenti untuk beristirahat walau hanya sebentar.

Untuk fasilitas pos Cek Point di Kebumen ini, dilengkapi dengan tempat istirahat, TV, mushola, pemeriksaan kesehatan gratis, pemeriksaan kendaraan, kursi pijat, karaoke, sandal refleksi, minuman gratis, serta terapi ikan.

“Supaya mudik aman dan lancar, pengendara dan kendaraan harus fit, tetap dalam jalur, serta disiplin dalam berlalulintas. Bagi pemudik yang masuk Jawa Tengah, untuk panduan selama mudik, bisa mengakses situs www.mampirjateng.com,” pungkas Aditia, yang juga Kasatgas Kamseltibcar Lalu Lintas dalam Operasi Ramadania 2016 Polres Kebumen.
 
 
Jon