Operasi Patuh Candi 2017, Polres Kebumen Represif Tindak Pelanggar Lalu Lintas

    


Kapolres Kebumen. AKBP Titi Hastuti, SSos, saat memeriksa pasukan, dalam gelar pasukan Operasi Patuh 2017 di Mapolres Kebumen, Selasa (9/5) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Terhitung mulai hari ini, Selasa (9/5), hingga Senin (22/5), Sat Lantas Polres Kebumen menggelar operasi terpusat dengan sandi Patuh Candi 2017. Operasi ini diawali dengan apel gelar pasukan operasi patuh Candi 2017 di halaman Mapolres Kebumen, yang dihadiri Forkompinda Kabupaten Kebumen.

Gelar pasukan dipimpin oleh Kapolres Kebumen, AKBP Titi Hastuti, S.Sos, yang ditandai dengan pemasangan pita tanda operasi, kepada perwakilan anggota dari Satlantas Polres Kebumen, anggota Kodim 0709 dan anggota Dishub Kabupaten Kebumen.

Kapolres Kebumen dalam amanatnya mengatakan, Operasi Patuh Candi 2017 ini bertujuan untuk memperlancar arus dan menekan angka kecelakaan akibat dari pelanggaran lalu lintas. Operasi ini berbeda dengan Operasi Simpatik sebelumnya yang mengedepankan beberapa kegiatan simpatik dan himbauan. Dalam Operasi Patuh ini akan mengedepankan penegakan hukum (represif).

“Namun demikian upaya pencegahan (preventif) masih akan tetap dilaksanakan walaupun dengan prosentasi yang berkurang dari Operasi Simpatik. Dan tidak lupa mengedepankan 3S (Senyum, Sapa dan Salam), ” jelas Titi Hastuti.

Melalui penyelenggaraan Operasi Patuh ini, lanjut Titi Hastuti, diharapkan akan tercapai beberapa tujuan, diiantaranya, meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, terciptanya situasi kamseltibcar lantas secara optimal serta menurunya kecelakaan lalu lintas.

Terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas dan menurunnya tingkat kecelakaan lalu lintas serta menurunnya tingkat pelanggaran dan kemacetan lalu lintas.

Ada yang menarik dari gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2017 ini, yakni, adanya peragaan pengaturan lalu lintas oleh Polisi Kecil Model Polres Kebumen (Pokemon) dimana pesertanya itu merupakan anak-anak pilihan dari perwakilan 4 Sekolah yang berjumlah 25 anak, yang dilatih dibawah asuhan Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Aditiya Mulia R, SIK dengan dibantu oleh Guru SMK N 1 Puring Anggit Nugroho sebagai pelatih langsung.
 
 
Jon