Operasi Keselamatan Jaya Digelar Serentak, Ini Targetnya

    


Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memimpin apel Operasi Keselamatan Jaya 2021 yang berlangsung di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (12/4/21) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Operasi Keselamatan Jaya tahun 2021 akan dilaksanakan mulai hari ini tanggal 12 April 2021. Apel berlangsung di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (12/4/21).

Apel Siaga ini melibatkan para pemangku kepentingan terkait keputusan larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021 dan Surat Edaran Menteri Agama mengenai panduan ibadah Ramadan.

“Operasi Keselamatan Jaya 2021 ini bertujuan agar kita semua selamat beribadah dengan khusyuk, tidak tertular pandemi covid-19,” kata Kapolda.

Dikatakan Fadil, Surat Edaran Menteri Agama salah satunya mengatur mengenai sahur yang dilakukan dengan keluarga inti di rumah.

Dengan begitu, kegiatan sahur on the road (SOTR) akan menjadi sasaran Operasi Keselamatan Jaya 2021. Sedangkan untuk buka bersama, SE Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, mengatur jumlah peserta tidak melebihi 50 persen dari kapasitas ruangan.

Dalam Operasi Keselamatan Jaya 2021 ini, para pemangku kepentingan akan mensosialisasikan secara masal mengenai larangan mudik lebaran yang menjadi tradisi mengiring Hari Raya Idul Fitri.

“Dengan berbagai cara, mulai dari pemasangan spanduk, imbauan, dan pengumuman untuk tidak mudik. Kita tunda mudiknya tahun depan, kita akan sosialisasikan sejak awal dengan jangka waktu yang cukup panjang,” jelasnya.

Sementara, terkait larangan mudik tahun ini, sudah terbit Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, Permenhub ini menetapkan wilayah aglomerasi untuk pergerakan kendaraan di perkotaan dan kabupaten di sejumlah wilayah seperti di Jabodetabek dan Bandung Raya dan sejumlah daerah lainnya.

Operasi Keselamatan Jaya dalam sosialisasi larangan mudik ini melibatkan petugas kepolisian, TNI, dan jajaran pemerintahan.

Wagub DKI Ariza menyambut baik pelaksanaan Operasi Keselamatan Jaya 2021.

“Dari awal kita menunjukkan kesungguhan dan keseriusan jajaran aparat mendukung program yang sudah disampaikan oleh pemerintah pusat, Gugus Tugas Covid-19 Pusat, dan kita semua, dalam rangka mencegah penyebaran virus dan memastikan keselamatan bagi warga Ibu Kota,” kata Ariza. (Bob)